Hagia Sophia

26 June 2023

Beberapa Ciri Hamil Muda yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi ciri-ciri hamil muda. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Ciri-ciri hamil muda tidak melulu hanya karena telat menstruasi. Dalam ilmu kesehatan, umumnya kehamilan baru bisa terdeteksi akurat setelah 10 hari telat menstruasi.

Namun terkadang ada beberapa ciri-ciri hamil muda yang bisa diamati sebelum melakukan test pack dan USG. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Ciri-Ciri Hamil Muda

Kondisi hamil muda merujuk pada usia kehamilan kurang dari tiga bulan, atau berada di trimester pertama. Dikutip dari laman healthline, ada beberapa ciri-ciri hamil muda yang bisa kamu amati sendiri, yaitu:

1. Kram
Ciri-ciri hamil muda yang pertama adalah rasa kram di sekitar area perut. Tidak hanya itu, kram juga bisa menyerang bagian lain seperti panggul dan punggung bawah.

Namun di beberapa kasus, kram juga bisa dirasakan oleh perempuan ketika memasuki periode menstruasi. Itulah penting agar mengetahui perbedaan kram menstruasi dengan kram hamil muda.

Kram ketika menstruasi biasanya berlangsung cukup lama dan juga menimbulkan sensasi rasa nyeri. Sedangkan kram ciri-ciri hamil muda terjadi dalam waktu singkat dan tidak terlalu sakit.

2. Mual
Mual adalah salah satu gejala umum yang kerap hampir dialami oleh wanita di masa kehamilannya. Biasanya, wanita hamil akan merasa mual di pagi hari, namun ada juga yang mengalami di sore hari atau malam.

3. Payudara Terasa Lembut
Ciri-ciri hamil muda berikutnya adalah payudara menjadi lebih lembut. Hal ini merupakan salah satu gejala yang umum terjadi di periode awal kehamilan.

4. Adanya Bercak Darah atau Flek
Ciri-ciri hamil muda ini biasanya terjadi pada hari ke 6 hingga hari ke 12 setelah sel telur dibuahi. Kondisi ini bisa muncul ketika embrio menempel pada dinding rahim yang membuatnya terkikis.

Flek biasanya hanya berupa 1-2 tetes darah berwarna merah muda, kekuningan atau kecoklatan. Perlu diperhatikan jika flek muncul setelah berhubungan intim, maka segeralah berkonsultasi pada dokter. Bisa jadi itu berasal dari implantasi saat masa kehamilan.

5. Sakit Kepala
Seorang yang tengah hamil muda, seringkali mengalami sakit kepala akibat peningkatan hormon secara mendadak dan mempengaruhi aliran darah. Selain sakit kepala, ada beberapa kondisi lain yang juga akan dialami oleh wanita yang tengah hamil muda, yaitu:
  • Perut kembung.
  • Sembelit.
  • Ngidam makanan.
  • Mood swings.
  • Kelelahan.

6. Sering Buang Air Kecil
Ciri-ciri hamil muda berikutnya adalah intensitas buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh kondisi selama hamil, rahim akan terus berkembang dan menyesuaikan perkembangan janin dan bisa membuat rahim membesar yang akan menekan kandung kemih.

Akibatnya, urine yang dihasilkan jadi lebih banyak dan membuat kebanyakan ibu hamil seringkali melakukan buang air kecil.

7. Sensitif Terhadap Makanan dan Bau-bauan
Hal yang menjadi ciri-ciri hamil muda berikutnya adalah sensitif terhadap beberapa makanan dan aroma bau-bauan tertentu. Ini diduga karena perubahan hormon dan morning sickness yang sering terjadi di awal kehamilan.

Itu dia beberapa tanda kehamilan yang bisa kamu amati sebelum melakukan test pack atau USG kandungan. Namun ada juga beberapa ciri-ciri hamil muda yang patut diwaspadai, seperti:
  • Pendarahan secara tiba-tiba.
  • Nyeri luar biasa pada perut.
  • Sakit kepala berlebihan.
  • Mual hingga muntah yang parah.
  • Terasa sakit ketika buang air kecil.
Jika beberapa kondisi tersebut terjadi, maka sebaiknya langsung mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Penanganan secepatnya memungkinkan ibu dan janin tetap sehat.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "17 Ciri-ciri Hamil Muda, Segera ke Dokter ya Bund!"