Hagia Sophia

26 June 2023

Mungkinkah Virus Oz Masuk Indonesia? Ini Kata Pakar Epidemiologi

Ilustrasi virus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)

Wanita di Jepang meninggal dunia pasca terkena virus Oz, yang diyakini penularannya berawal dari kutu. Dokter setempat menemukan kutu di paha kanan pasien yang membesar.

Pakar epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia memastikan virus Oz bukanlah virus baru, sudah beredar sejak 2018 di Jepang, dan 2015 di Amerika Serikat. Namun, laporan kematian yang terjadi pada warga Jepang perlu menjadi 'alarm' bersama.

Bukan tidak mungkin, virus Oz bisa ditemukan di Indonesia dan memicu Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Kalau di kita potensinya ada bisa ditemukan, tapi kalau surveilans di hewannya lemah, karena ini penting, sekali lagi Indonesia kaya dengan hewan khususnya hewan mamalia, apalagi ini mau Idul Adha, jadi kesehatan hewan menjadi sangat penting karena banyak penyakit yang bisa ditularkan melalui hewan itu," terang dia saat dikonfirmasi detikcom Senin (26/6/2023).

Dicky menyebut virus Oz merupakan bagian dari keluarga thogotovirus yang jika dilihat secara karakteristik, bisa mematikan. Secara demografis, thogotovirus juga sudah menyebar hampir di banyak dunia.

"Di Eropa ada, Afrika jelas, dan Asia, jelas potensinya di Indonesia juga pasti ada," kata dia.

Dicky meminta pemerintah mulai meningkatkan mitigasi atau pencegahan awal kasus serupa dengan memastikan edukasi di para peternak soal sanitasi.

"Bukan hanya di kampung atau pedesaan, tapi di kota yang ditemukan banyak kutu, daerah peternakan, itu mengenakan pakaian yang tangan panjang, oles supaya kulit tidak kena kutu, sanitasi lingkungan, kutunya harus dibasmi, hewannya harus dipelihara dengan sehat," bebernya.

"Peternakan harus bersih, para peternak diberikan pemahaman sanitasi yang baik, mengingat virus lain di thogotovirus menjadi dampak virus mematikan, virus oz ini sbg ancaman potensial kesehatan pada manusia, kalau pandemi ya nggak, tapi KLB bisa berpotensi," pungkas dia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Bicara Kemungkinan Virus Oz Muncul di RI, Wanti-wanti Hal Ini"