Hagia Sophia

26 June 2023

Cerita Saykoji yang Berhasil Turunkan BB Hingga 35 Kg

Perjalanan diet Saykoji. (Foto: Twitter @saykoji)

Rapper Saykoji baru-baru ini menceritakan bagaimana perjalanan panjangnya untuk bisa menurunkan berat badan sebanyak 35 kilogram dalam waktu 8 bulan. Melalui unggahannya di media sosial, Saykoji bercerita bahwa dulunya ia adalah seorang emotional eater.

"Gue nggak ngerokok, bukan peminum, dan nggak suka pesta," ucap Saykoji melalui akun media sosialnya, Senin (6/6/2023).

"Tapi gue lebih banyak di rumah nonton film, main game, dan suka makan banyak. Gue emotional eater. Banyak orang ngira gue bahagia terus, tapi gue makan sebagai cara gue menangani rasa sakit batin," sambungnya.

Pada suatu momen, Saykoji akhirnya diajak pergi ke ahli gizi oleh istrinya. Semenjak melakukan program dari ahli gizi, Saykoji mengaku berat badannya mulai turun beberapa kg dan merasa lebih percaya diri.

"Istri gue akhirnya ngajak atau ngejebak gue ke dokter gizi. Gue dapat kepercayaan diri setelah seminggu karena gue ngejalanin program dengan baik dan turun beberapa kilo," jelasnya.

"Akhirnya gue ngerasa harus mulai nyobain olahraga. Gue mulai coba cari olahraga untuk obesitas di Youtube. Pakai dumbell ringan terus gampang dilakuin di rumah. Walaupun memang cenderung membosankan," sambungnya.

Setelah mulai berolahraga, Saykoji merasa tubuhnya semakin ringan. Ia akhirnya meningkatkan intensitas olahraganya dan menggunakan dumbbell yang lebih berat. Ia juga menambah berbagai latihan baru dalam programnya.

"Setelah 3 bulan ngejalanin itu baju udah mulai terasa longgar dan pas di badan gue. Gue ngerasa lebih kuat dan berjalan tanpa sakit. Gue jadi lebih bahagia," kata Saykoji.

Saykoji mengatakan bahwa apa yang ia lakukan tidak sekedar untuk memangkas berat badan atau lemak di dalam tubuhnya. Ia juga ingin membuat olahraga yang membosankan tersebut menjadi sebuah kebiasaan.

Dengan cara seperti itu, Saykoji bisa memiliki kebiasaan gaya hidup yang lebih sehat.

"Secara perlahan gue konsisten mengubah kebiasaan. Setelah 8 bulan akhirnya gue sudah menurunkan berat badan 35 kilogram," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Saykoji Sukses Pangkas Bobot 35 Kg, Ternyata Awalnya Dijebak Istri"