Hagia Sophia

29 June 2023

Benarkah Leher Tegang Tanda Kolesterol Naik? Ini Kata Dokter

Momen makan saat lebaran. (Foto: Getty Images/ibnjaafar)

Perayaan Idul Adha sangat erat kaitannya dengan makanan tinggi kolesterol. Daging sapi dan kambing kerap menjadi menu utama dalam perayaan Idul Adha saat berkumpul bersama keluarga.

Jika tidak berhati-hati dalam mengonsumsi menu makanan tinggi kolesterol, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan nantinya. Mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Salah satu kondisi yang kerap dikaitkan dengan kondisi kolesterol tinggi setelah makan daging kurban adalah leher yang tegang. Apakah leher tegang menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengalami kolesterol tinggi?

Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD, MM, MARS, Dip.TH, DCD Internist menjelaskan bahwa leher yang tegang belum tentu menjadi tanda kolesterol tinggi.

"Tidak, leher tegang bukan berarti kolesterol naik. Kita harus cek kadar kolesterol di laboratorium untuk mengetahui nilainya," ucap dr Rudy ketika dihubungi detikcom, Selasa (27/6/2023).

"Bahkan, kolesterol tinggi sering kali tidak bergejala," tambahnya lagi.

Untuk mencegah kolesterol naik ketika makan daging kurban, dr Rudy menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membatasi konsumsi dagingnya.

"Batasi konsumsinya, jangan berlebihan. lakukan proses masak yang lebih sehat dan upayakan untuk berolahraga secara rutin," jelasnya.

"Saat ini banyak pilihan bahan dan bumbu makanan yang relatif lebih sehat. Misalnya seperti santan rendah lemak, minyak kanola, hingga minyak biji matahari," pungkasnya.

Kementerian Kesehatan RI memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kenaikan kolesterol tinggi setelah mengonsumsi daging kurban, antara lain:
  • Mengonsumsi olahan daging secukupnya.
  • Mengimbangi makan daging dengan makanan sehat seperti buah dan sayur.
  • Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga minimal 30-60 menit sebanyak 3 kali seminggu.
  • Berhenti merokok.
  • Tidak makan secara berlebihan yang dapat menyebabkan lonjakan berat badan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Leher Tegang usai Makan Daging Kurban, Benarkah Tanda Kolesterol Naik?"