Hagia Sophia

29 June 2023

Dokter: Tak Ada Larangan Ibu Hamil Makan Daging Kambing

Ibu hamil dilarang makan daging kambing, benarkah? (Foto: Getty Images/omersukrugoksu)

Ada anggapan, ibu hamil harus menghindari konsumsi daging kambing. Sama halnya dengan makan nanas muda, makan daging kambing disebut-sebut bisa berdampak pada kesehatan janin.

Tentunya ini jadi kekhawatiran tersendiri, karena pada saat Idul Adha, daging kambing akan tersaji di mana-mana. Tak sedikit ibu hamil yang jadi galau, apakah harus menghindari daging kambing atau 'hajar' saja karena nggak setiap hari ada.

Faktanya, tidak ada larangan spesifik bagi ibu hamil untuk mengonsumsi daging kambing. Hal ini diungkap oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Aida Riyanti, SpOG-KFER.

"Makan kambing boleh banget, asalkan dari dokter gizi atau penyakit dalamnya tidak ada pembatasan terhadap daging. Jadi tidak ada pembatasan untuk daging," ungkap dr Aida, Senin (26/6/2023).

"Bahkan kalau kata ahli gizi daging kambing lemaknya lebih sedikit daripada daging lainnya. Jadi boleh, menyusui dan hamil tidak ada batasan," lanjutnya.

Selain kandungan lemaknya yang lebih sedikit, berdasarkan data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gr daging kambing mengandung 16,6 gr protein, 11 mg kalsium, 1,0 mg besi, dan 4,9 mg seng.

Karenanya, daging kambing termasuk daging merah yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, selama tidak memiliki penyakit dalam dan dimasak dengan suhu aman.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mitos! Dokter Pastikan Tak Ada Larangan Ibu Hamil Makan Daging Kambing"