Hagia Sophia

29 June 2023

Berapa Banyak Ibu Hamil Boleh Konsumsi Daging Kambing?

Berapa porsi aman ibu hamil makan daging kambing? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nataly Hanin)

Larangan ibu hamil makan daging kambing dipastikan cuma mitos, daging tetap sumber protein yang bagus untuk siapapun. Persoalannya, berapa porsi yang aman?

Menurut dokter kandungan dr Ari Kusuma Januarto, SpOG(K), tidak ada ketentuan yang mutlak terkait batasan porsi makan daging kambing, termasuk pada ibu hamil. Batasan pada setiap orang bisa berbeda-beda, dan yang terpenting menurutnya adalah keseimbangan nutrisi terpenuhi.

"Tergantung orangnya, berat badannya, kebutuhannya, belum lagi faktor lain seperti alergi segala macem," jelasnya dalam media briefing, Rabu (28/6/2023).

Bahkan terkait kandungan lemak, tidak ada larangan mutlak untuk mengonsumsinya walau lemak dikategorikan kurang sehat dibanding daging. Kemampuan individual tiap orang untuk memetabolisme asupan makanan bisa berbeda-beda.

"Semua kembali ke masalah cukup. Cukupnya berapa, tergantung orangnya. Kalau memang badannya kecil, terus makan steak 300 gram, sirloin yang lemak, ya mungkin nggak bagus juga," jelasnya.

Belakangan, banyak beredar anjuran bagi ibu hamil untuk tidak mengonsumsi daging kambing karena disebut bisa berdampak pada kesehatan janin. Sejumlah pakar kebidanan dan kandungan memastikan hal itu cuma mitos.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berapa Porsi Aman Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Ini Kata Dokter Obgyn"