Hagia Sophia

29 June 2023

Ingin Konsumsi Jeroan dan Torpedo Kambing? Ini Saran Dokter Agar Terbebas dari Asam Urat

Nginer jeroan dan torpedo kambing? Awas asam urat (Foto: Getty Images/iStockphoto/ANGHI)

Torpedo kambing merupakan salah satu tubuh hewan kurban yang diam-diam menjadi buruan kaum pria. Meski belum ada penelitian yang jelas, torpedo alias organ vital kambing diyakini bisa mendongkrak libido di ranjang.

Anggapan ini muncul karena torpedo dipercaya memiliki kandungan testosteron yang tinggi. Testosteron sendiri dikenal sebagai hormon seks pria dan berperan penting dalam berbagai fungsi seksual, termasuk membangkitkan libido atau gairah seks.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, mereka yang memiliki kadar kolesterol tubuh tinggi perlu berhati-hati. Pasalnya, dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH menyebut bahwa torpedo mengandung kolesterol tinggi.

"Terpedo memang mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya dihindari terutama untuk orang-orang dengan riwayat kolesterol tinggi. Karena bisa menyebabkan peningkatan kolesterol darah dan menyebabkan gangguan di pembuluh darah yang merupakan faktor resiko stroke, serangan jantung, dan gangguan aliran darah lainnya," ujarnya saat dihubungi detikcom, Rabu (28/6/2023).

Meskipun nikmat, jeroan memang mengandung purin dan kolesterol yang tinggi. Dua kandungan ini sebaiknya dihindari oleh pengidap asam urat dan kolesterol tubuh tinggi. Jika tetap ingin mengonsumsinya, dr Aru menyarankan supaya diolah tanpa santan, susu, atau minyak.

"Bagi penderita asam urat disarankan tidak mengkonsumsi jeroan. Bagi yang kolesterol tinggi hindari bila cara memasaknya dengan santan, susu atau, digoreng dengan minyak yang jenuh," tekannya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngincer Jeroan-Torpedo Kambing? Ini Saran Dokter Agar Tak Kena Asam Urat"