Hagia Sophia

29 June 2023

Jokowi Sholat Idul Adha di Halaman Gedung Agung Yogyakarta

Jokowi sudah berada di halaman Gedung Agung untuk Salat Idul Adha. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta istri Iriana Jokowi dan keluarga menjalani salat Idul Adha di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan, Yogyakarta. Jokowi dan Iriana sudah berada di lokasi.

Berdasarkan pantauan di YouTube Sekretariat Presiden Kamis (29/6/2023) pukul 06.00 WIB, Jokowi sudah terlihat berada di halaman Gedung Agung. Jokowi mengenakan kemeja putih, sarung batik dan peci hitam.

Jokowi berada di saf terdepan. Di samping Jokowi tampak terlihat Ketua MK sekaligus iparnya Anwar Usman.

Sementara sang istri, Iriana juga sudah terlihat berada di halaman Gedung Agung. Iriana sudah duduk disaf terdepan wanita.

Masyarakat pun mulai berdatangan ke Gedung Agung. Mereka mengisi posisi saf yang telah disiapkan.

Jarak saf antarjemaah di salat Idul Adha ini terlihat tidak terlalu rapat. Mereka ada yang memakai masker, tapi mayoritas masyarakat tidak memakai masker.

Salat Idul Adha di halaman Gedung Agung. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Pukul 06.30 WIB salat Idul Adha dimulai. Halaman Gedung Agung dipenuhi oleh masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6/2023) mengatakan salah Idul Adha di Gedung Agung itu terbuka untuk umum. Salat Idul Adha rencananya akan dimulai pada pukul 06.30 WIB.

"Presiden akan salat bersama masyarakat sekitar," imbuhnya.

Pada salat Idul Adha tersebut, Jauhar Mustofa akan bertindak selaku imam sekaligus khatib. Sehari-hari ia bertugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama.

Adapun yang menjadi tema khotbah yakni "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS". Sementara itu, Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir.
























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Jokowi Hingga Anwar Usman Tunaikan Salat Idul Adha di Halaman Gedung Agung"