Hagia Sophia

29 June 2023

Dokter Ini Berusia Lebih 100 Tahun, Ini Rahasianya

Rahasia umur panjang (Foto: iStock)

Berumur seratus tahun dan masih tetap produktif terdengar mustahil, tetapi inilah yang dijalankan oleh Gladys McGarey, seorang dokter dari Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Wanita berusia 102 tahun ini mengungkap bahwa dirinya terus bergerak tiap hari, termasuk mencapai jumlah langkah hariannya dan mengendarai sepeda roda tiganya. Di waktu luang, ia merajut, mendengarkan buku audio, dan berbincang dengan teman-temannya.

Ibu dari enam anak sekaligus dokter konsultan dan penulis ini dikenal sebagai ibu pengobatan holistik, yakni suatu bentuk penyembuhan yang mempertimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa pasien selama perawatan. Ia juga ikut mendirikan American Board of Holistic Medicine dan berpraktik selama lebih dari 60 tahun.

McGarey berusia 100 tahun ketika dia menulis bukunya, The Well-Live Life: Enam Rahasia Dokter Berusia 102 Tahun untuk Kesehatan dan Kebahagiaan di Setiap Usia. Dalam bukunya tersebut, McGarey membagikan rahasia umur panjangnya.

1. Temukan tujuan hidup
McGarey percaya bahwa salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjalani hidup sepenuhnya adalah menemukan tujuan hidup. Dalam bukunya, dia menulis tentang bahwa ia ingin menjadi seorang dokter ketika dirinya berusia delapan tahun.

McGarey dibesarkan di India bersama orang tuanya yang merupakan misionaris medis. Keinginannya menjadi dokter muncul ketika seorang pemuda membawa seekor gajah yang terluka. Meskipun ibunya bukan seorang dokter hewan, tetapi dia berhasil mengeluarkan serpihan bambu dari kaki hewan itu. Membantu ibunya hari itu membuatnya sadar bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi seorang dokter.

2. Ada pelajaran dalam segala hal
McGarey telah mengalami berbagai rintangan selama bertahun-tahun, seperti melawan kanker dan berduka atas kematian putrinya. Dia juga hampir berusia 70 tahun ketika suami sekaligus mitra klinik yang telah bersamanya selama 46 tahun meninggalkannya untuk wanita lain.

McGarey menulis bahwa pengalaman menyakitkan adalah 'seorang guru besar' yang membantunya menemukan suaranya sendiri dan membimbingnya untuk memulai praktik medis holistik baru dengan putrinya.

3. Lepaskan apa pun yang tidak menguntungkan
McGarey melawan stres yang tidak perlu dalam hidupnya dengan melepaskan hal-hal atau pengalaman yang tidak lagi bermanfaat baginya.

"Ibuku mengajariku cara mudah untuk melepaskan hal-hal yang tidak penting. Dia akan mengangkat tangannya dengan lembut di depan kami, jari-jarinya terulur, telapak tangan menghadap ke atas. Kemudian ia sapukan ke bawah dan ke belakang dan mengatakan, 'Tidak masalah," ungkapnya, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (13/5/2023).

4. Terus bergerak
McGarey memastikan dia terus bergerak. Dia konsisten berjalan tiga ribu langkah per hari dengan alat bantu jalannya. Ia juga mengendarai sepeda roda tiga di sekitar halaman dan lingkungannya.

Dalam menjalani hidup, dia mengikuti moto ibunya: lakukan lah.

"Carilah apa yang bisa kamu lakukan, bukan apa yang tidak bisa kamu lakukan. Tubuh kita adalah guru kita...jika kita memperhatikannya, kita akan mendapat pelajaran," ungkapnya.

5. Temukan apa yang sesuai dengan dirimu
McGarey mengikuti rutinitas sehari-hari. Harinya dimulai dengan melakukan doa pagi sebelum turun ke bawah dan memulai harinya. Dia juga tidak merokok atau minum alkohol.

"Seorang individu harus menjalani kehidupan individu mereka sendiri, sehingga ketika Anda menemukan apa yang cocok untuk Anda, berkati dan gunakan serta bekerjalah dengannya," sebutnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingin Punya Umur Panjang? Dokter Berusia Satu Abad Bagikan Rahasianya"