Hagia Sophia

29 June 2023

Fokus Pemulihan Kesehatan Akibat Sindrom Tourette, Lewis Capaldi Batalkan Jadwal Tur

istimewa

Lewis Capaldi membatalkan seluruh jadwal turnya, termasuk di Jakarta, dan mengumumkan bahwa dia sedang istirahat dan fokus pemulihan untuk menyesuaikan diri dengan dampak hidup dengan sindrom Tourette.

Lewis Capaldi dijadwalkan manggung di gelaran We The Fest 2023 di Jakarta pada Juli mendatang. Pihak penyelenggara secara resmi mengonfirmasi Capaldi absen di festival tersebut.

Penyanyi 26 tahun tersebut sebelumnya mengunggah pernyataan lewat akun Instagramnya untuk mengabarkan pembatalan seluruh jadwal manggung karena kondisi kesehatannya.

"Saya masih belajar untuk menyesuaikan diri dengan dampak Tourette saya dan pada hari Sabtu menjadi jelas bahwa saya perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengatur kesehatan mental dan fisik saya," tulisnya.

Capaldi meminta maaf kepada para penggemar yang telah merencanakan untuk melihatnya tampil tahun ini dalam tur keliling Eropa, Australia, Asia Timur, Inggris, dan Timur Tengah.

"Saya perlu merasa sehat untuk tampil sesuai standar yang pantas Anda dapatkan," tulisnya lagi.

Capaldi pertama kali berbicara secara terbuka tentang kondisinya dengan sindrom Tourette pada bulan September tahun lalu. Baru-baru ini, penyanyi tersebut menyampaikan keprihatinan para penggemar setelah gejalanya muncul selama konser lainnya.

Apa itu sindrom tourette?

Dikutip dari Mayo Clinic, sindrom tourette seperti yang diidap Lewis Capaldi adalah gangguan yang melibatkan gerakan berulang atau suara yang tidak diinginkan (tics) yang tidak dapat dikontrol dengan mudah. Misalnya, berulang kali mengedipkan mata, mengangkat bahu, atau mengeluarkan suara yang tidak biasa atau kata-kata yang menyinggung.

Tics - gerakan atau suara yang tiba-tiba, singkat, terputus-putus, adalah tanda khas sindrom Tourette. Mereka dapat berkisar dari ringan hingga parah. Gejala yang parah dapat secara signifikan mengganggu komunikasi, fungsi sehari-hari, dan kualitas hidup.

Penyebab gangguan tersebut tidak diketahui, namun diduga akibat kombinasi genetika dan lingkungan. Tics sering menjadi lebih buruk selama peristiwa yang menegangkan atau mengasyikkan, dan berkurang setelah individu tenang atau fokus.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lewis Capaldi Batal Manggung di Jakarta, Fokus Pemulihan Sindrom Tourette"