Hagia Sophia

14 September 2023

Beberapa Posisi Tidur yang Bisa Kurangi Rasa Nyeri Karena Haid

Foto: thinkstock

Nyeri haid atau dismenorea sering kali dialami para wanita di awal periode menstruasi. Rasa tidak nyaman tentu dirasakan tubuh sampai-sampai hanya ingin tiduran saja di tempat tidur.

Namun tiduran saja belum tentu mengurangi nyeri haid. Ada sejumlah posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid yang bisa kamu coba.

Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid

Untuk dapat mengurangi nyeri haid, kamu perlu melakukan relaksasi otot perut. Berikut ini 6 posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid dan membuat otot perut rileks.

1. Tidur Fetal
Dilansir dari Medical News Today, kamu bisa mencoba gaya tidur fetal, yaitu tidur miring dan meringkuk. Tekuk kaki ke arah dada seperti posisi janin di dalam kandungan.

Tidur dengan posisi ini bisa mendorong otot-otot perut agar rileks. Otot perut yang kendur bisa mengurangi intensitas nyeri haid di perut bagian bawah.

2. Tidur Miring
Tidur miring ini mirip dengan posisi tidur fetal, tetapi tidak perlu meringkuk. Coba bereksperimen dengan menempatkan bantal di beberapa posisi, misalnya di antara dua lutut. Carilah posisi ternyaman, karena terkadang gejala menstruasi setiap orang juga berbeda-beda.

3. Tidur Telentang
Kamu juga bisa tidur telentang untuk mengurangi nyeri haid. Coba tinggikan lutut saat tidur telentang agar otot perut menjadi rileks. Letakkan bantal di bawah lutut agar semakin terasa nyaman.

Tidur telentang juga terbukti mengurangi nyeri punggung. Sebab kram saat menstruasi juga sering menimbulkan gejala nyeri punggung bawah.

4. Tidur Telungkup
Dilansir dari Healthline, tidur telungkup atau tengkurap sebetulnya kurang dianjurkan karena bisa memperparah rasa nyeri. Akan tetapi sebagian orang memiliki kebiasaan tidur telungkup.

Nah, solusi agar bisa mengurangi nyeri adalah dengan meletakkan bantal di bawah perut dan di atas tulang pinggul. Ini juga bisa meringankan rasa tidak nyaman pada punggung bawah.

5. Child's Pose
Dalam situs lunette.com, ada sejumlah posisi yoga yang bisa kamu terapkan untuk tidur agar bisa mengurangi nyeri haid dan memberi efek pijatan. Salah satunya adalah child's pose.

Kamu bisa tidur seperti tidur tengkurap namun dengan menekuk kaki. Posisikan lutut sampai menempel pada dada.

6. Kaki Naik ke Dinding
Posisi yoga lainnya adalah dengan menaikkan kaki ke dinding. Ketika kaki naik, sirkulasi darah akan meningkat dan menurunkan tekanan darah, serta menenangkan sistem saraf. Secara emosional, posisi tidur dengan kaki terbalik atau naik ke dinding dapat membantu pikiran kamu tetap tenang.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid agar Perut Rileks"