Hagia Sophia

14 September 2023

Beberapa Jenis Obat Batuk Pilek Anak yang Ada di Apotek

Ilustrasi pilek pada anak. Foto: iStockphoto

Batuk dan pilek kerap dialami oleh anak-anak, terutama saat musim pancaroba. Batuk dan pilek umumnya berlangsung 3-4 hari, namun bisa juga hingga 2 pekan dan hilang dengan sendirinya.

Orang tua bisa membantu penyembuhan lebih cepat dengan memastikan tercukupnya cairan pada anak dan memeriksakan suhu tubuh secara teratur. Selain itu, ada juga beberapa obat alami dan yang bisa dibeli di apotek untuk membantu penyembuhan batuk pilek pada anak.

10 Obat Batuk Pilek Anak

Obat batuk dan pilek untuk anak beragam. Kamu bisa memberikan obat alami seperti madu atau membeli obat di apotek yang mengandung paracetamol. Berikut penjelasannya.

1. Madu
Mengutip Parents, madu dapat meredakan batuk dan membantu anak yang sakit tidur lebih nyenyak. Memiliki rasa yang manis dan disukai anak, madu aman untuk dikonsumsi untuk anak-anak usia satu tahun ke atas.

Beri setengah sendok teh untuk anak usia 1-5 tahun dan 1 sendok teh untuk anak usia 6-12 tahun. Kamu bisa menambahkan madu ke air hangat, teh herbal atau susu hangat.

2. Sup Ayam
Menurut penelitian, sup ayam memiliki sifat anti inflamasi. Suhunya yang hangat bisa meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan lendir di saluran hidung, sehingga bisa meringankan hidung tersumbat.

Batuk dan sakit tenggorokan sering disebabkan oleh post nasal infus (lendir yang mengalir ke tenggorokan, bukan keluar dari hidung). Maka, membuka saluran hidung, untuk membersihkannya akan membantu mengatasi batuk.

3. Air Garam
Air garam merupakan salah satu obat paling sederhana untuk mengobati batuk. Campur air dan garam, lalu minta anak berkumur dengan cairan ini. Campuran air dan garam bisa meredakan iritasi tenggorokan yang disertai batuk.

Garam bisa menyerap air, sehingga menjadi obat yang baik untuk batuk dan sakit tenggorokan. Jaringan di saluran pernapasan bagian atas cenderung meradang akibat kelebihan lendir dan cairan, sehingga menyebabkan batuk dan nyeri.

Perlu diketahui, bahwa larutan ini hanya boleh diberikan kepada balita dan anak-anak dengan usia lebih tua yang bisa mengeluarkan air garam tanpa menelannya.

4. Perasan Kunyit
Kunyit mengandung sifat antiseptik yang bisa mengobati infeksi virus seperti batuk dan pilek. Caranya, parut kunyit, kemudian peras. Berikan air perasan kunyit ke anak atau tambahkan madu agar rasanya manis.

5. Uap Air Panas
Mengutip Medicover Hospital, uap air panas bisa mengobati flu pada anak. Caranya, panaskan air dalam mangkuk besar dan minta anak untuk menghirup uap panas tersebut selama 5-10 menit.

6. Air Putih
Pastikan anak tetap terhidrasi. Minum air putih secara teratur akan membantu melawan flu, meminimalkan peradangan tenggorokan dan menghilangkan infeksi.

7. Minuman Hangat
Minuman hangat bisa menjadi obat flu dan batuk alami yang efektif untuk balita. Minuman ini membantu mengencerkan lendir lengket di area hidung dan tenggorokan sehingga bisa menjadi obat flu dan batuk

8. Humidifier
Humidifier atau alat yang membantu menambah kelembapan pada udara ini bisa sangat membantu melegakan dada dan hidung tersumbat. Selain itu, humidifier juga sangat efektif untuk mengobati balita yang batuk di malam hari.

Pastikan membersihkan mengganti air humidifier nya setiap hari. hal ini untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan jamur di kamar.

9. Paracetamol
Menurut situs Kementerian Kesehatan, jika anak mengeluh nyeri, orang tua bisa memberi analgetik seperti paracetamol. Mengutip NHS, paracetamol merupakan penghilang rasa sakit yang umum untuk anak-anak.

Kandungan obat ini sering digunakan untuk mengobati sakit kepala, perut, gejala pilek, batuk dan demam. Kamu bisa membeli obat yang mengandung paracetamol di apotek.

10. Ibuprofen
Obat dengan kandungan ibuprofen digunakan untuk gejala seperti flu, tumbuh gigi, sakit gigi, sakit kepala hingga sakit tenggorokan. Namun, ibuprofen bisa diberikan untuk mereka yang di atas usia tiga bulan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Obat Batuk Pilek Anak Alami dan yang Ditemui di Apotek"