Hagia Sophia

06 November 2023

Kemenangan Newcastle Atas Arsenal Diwarnai Gol Kontroversial

Momen sesaat sebelum terjadinya gol Newcastle. Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH

Kemenangan Newcastle United atas Arsenal diwarnai gol kontroversial yang dicetak Anthony Gordon. Video Assistant Referee (VAR) sampai mengecek tiga insiden yang terjadi sebelum mengesahkan gol tersebut.

Seperti diketahui, satu-satunya gol di St James' Park pada Sabtu (4/11/2023) itu menjadi perdebatan, khususnya bagi Arsenal. Manajer The Gunners, Mikel Arteta sampai mempertanyakan keabsahan gol tersebut.

Sebelum Joe Willock mengirim umpan silang ke depan gawang Arsenal, bola 'tampak' sudah meninggalkan lapangan. Lalu ada pula sederet potensi pelanggaran yang terjadi sebelum gol tercipta. Mulai dari dugaan Joelinton melanggar Takehiro Tomiyasu, Joelinton melanggar Gabriel, hingga offside Gordon.


Perangkat pertandingan menghabiskan waktu sekitar empat menit sebelum menyatakan gol tersebut bersih. The Athletic melaporkan pada akhirnya ada tiga potensi pelanggaran yang diuji oleh VAR.

Pertama, apakah bola sudah keluar lapangan. Dari sudut pandang tertentu, bola seperti sudah melewati garis. Namun analisis tayangan ulang beIN Sports menunjukkan bola belum 100 persen melewati garis.

Setelahnya, VAR menguji apakah Joelinton telah melanggar Gabriel saat menyundul bola yang kemudian menjadi asis bagi Gordon. Meski di gambar berita ini menunjukkan adanya kontak antara Joelinton dan Gabriel, namun VAR menilai itu tak cukup untuk dinyatakan sebagai pelanggaran.


Kemudian yang terakhir adalah apakah Gordon sudah dalam posisi offside saat menyambar bola untuk mencetak gol. Sebab, hanya ada satu pemain di depan dua pemain Newcastle, yakni Gabriel.

Kiper Arsenal, David Raya diketahui sudah berada di belakang Joelinton dan Gordon saat gol tercipta. Pada akhirnya, insiden ini juga bukan pelanggaran. Keterbatasan sudut kamera juga membuat VAR menilai tak ada bukti jelas bahwa Gordon telah offside.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Newcastle Vs Arsenal: VAR Cek 3 Insiden Sebelum Sahkan Gol Gordon"