Hagia Sophia

06 November 2023

Mengenal Obat Mata Merah Alami dan Medis dan Penyebabnya

Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Obat mata merah alami maupun medis dapat digunakan bagi kamu yang mengalami kondisi mata tampak kemerahan, bengkak, gatal, hingga iritasi. Pengobatan ini terdiri dari obat medis hingga perawatan rumahan yang dapat dilakukan.

Untuk mengatasi mata merah, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar dapat ditangani secara tepat. Simak beberapa penyebab dan obat mata merah pada uraian di bawah ini.

Penyebab Mata Merah

Dilansir laman Cleveland Clinic, mata merah adalah kondisi yang cukup umum. Ini terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah permukaan mata membesar atau meradang, dan biasanya merupakan reaksi terhadap sesuatu yang mengiritasi bagian mata.

Ada sejumlah penyebab yang mengakibatkan mata merah. Dikutip dari Healthline, ini beberapa sebab paling umum yang membuat mata merah:

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis atau mata merah muda dapat menyebabkan peradangan di area mata. Kondisi ini bisa diakibatkan karena bakteri atau virus, alergi, iritasi, serta flu.

Sering kali terdapat kotoran lengket pada konjungtivitis bakteri atau virus. Untuk konjungtivitis pilek atau flu disebutkan dapat menular dengan cepat dan mempengaruhi kedua mata.

Alergi terhadap serbuk sari atau bulu hewan bisa menyebabkan konjungtivitis. Selain itu, kondisi ini juga dapat diakibatkan oleh iritasi fisik seperti ada benda yang mengenai mata.

2. Alergen
Sejumlah orang mengalami iritasi mata saat terpapar serbuk sari dari bunga atau pepohonan maupun bulu hewan. Jamur yang tumbuh akibat lingkungan yang lembap juga mampu mengakibatkan mata merah karena alergen.

3. Blepharitis
Blepharitis merupakan gangguan inflamasi mata yang umum terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kemerahan, gatal, rasa terbakar, hingga pengerasan kulit area mata.

4. Perdarahan Subkonjungtiva
Jenis mata merah satu ini apabila ada bercak warna darah yang terlihat pada mata. Bercak ini bisa timbul karena terjadi benturan kecil, atau saat batuk dan bersin.

Obat Medis untuk Mata Merah

Berikut beberapa obat medis untuk mengatasi mata merah akibat sejumlah penyebabnya yang dinukil dari Medical News Today:

1. Obat Tetes Naphazoline
Naphazoline adalah jenis obat dekongestan yang dapat mengatasi mata kemerahan akibat reaksi alergi dan iritasi ringan. Produk obat yang mengandung naphazoline dijual bebas dan dapat ditemukan di sejumlah apotek

2. Obat Tetes Tetrahydrozoline
Tetrahydrozoline juga merupakan jenis obat dekongestan. Obat ini digunakan untuk mengatasi kemerahan yang disebabkan oleh alergi, kelelahan, dan iritasi. Obat medis yang mengandung tetrahydrozoline bisa pula dicari di sejumlah apotek.

3. Pelumas Mata Lipid
Obat tetes mata banyak tersedia di toko obat maupun apotek. Sebagian besar obat ini menggunakan lipid yang meniru air mata asli sehingga dapat menjadi pelumas bagi mata kemerahan. Obat ini dipakai untuk memulihkan mata yang meradang.

4. Obat Tetes Antihistamin
Tetes mata antihistamin digunakan untuk mengobati gejala konjungtivitis alergi, termasuk di antaranya rasa gatal, kemerahan, nyeri, perih, dan bengkak yang dipicu oleh respons sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

Obat tetes antihistamin dapat dibeli tanpa resep dokter di sejumlah apotek dan toko obat.

Obat Alami untuk Mata Merah

Selain obat tetes mata medis, sejumlah pengobatan alami rumahan juga bisa dilakukan untuk mengatasi mata merah. Yakni sebagai berikut:

1. Kompres Hangat
Mengompres mata yang kemerahan dengan handuk yang dicelupkan air hangat dapat meningkatkan aliran darah dan produksi minyak pada kelopak mata. Sehingga bisa menghasilkan banyak pelumas untuk memulihkan mata merah akibat mata yang kering.

Siapkan handuk dan air hangat dalam wadah. Celupkan handuk dalam air kemudian peras airnya. Selanjutnya, letakkan handuk hangat pada area mata dan biarkan selama 10 menit.

2. Kompres Dingin
Selain air hangat, kamu juga bisa mencoba kompres dengan air dingin. Cukup dengan handuk yang dicelupkan ke air dingin, gejala mata merah akan mereda dalam sementara waktu. Dengan kompres dingin, pembengkakan dan rasa gatal akibat iritasi akan berkurang.

3. Perhatikan Pola Makan
Mata merah bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik. Karena itu, kamu perlu minum air sesuai kebutuhan cairan masing-masing untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang bersifat inflamasi secara berlebihan dapat mengakibatkan mata merah. Makanan olahan, produk susu, dan makanan cepat saji dapat menyebabkan peradangan jika dimakan terlalu banyak.

4. Ganti Kontak Lensa
Mata merah dapat pula disebabkan oleh kontak lensa. Ini karena bahan-bahan yang terkandungnya kemungkinan meningkatkan infeksi atau iritasi. Karenanya, ganti lensa yang telah dipakai selama beberapa waktu untuk menghindari mata merah.

Larutan kontak lensa yang digunakan juga bisa mempengaruhi mata merah. Larutan dengan bahan tertentu mungkin tidak cocok dengan bahan lensa tertentu. Oleh sebab itu, pastikan kamu memakai larutan terbaik untuk kontak lensa milikmu.

Tak hanya itu, riasan mata kemungkinan bisa mengakibatkan mata merah. Maka dari itu, kalau bisa pilih produk hipoalergenik untuk kosmetik area mata.

5. Waspadai Lingkungan Sekitar
Lingkungan mampu mempengaruhi kesehatan matamu, lho. Kalau di sekitarmu ada alergen, seperti serbuk sari atau asap, ini mungkin yang menyebabkan mata kemerahan. Udara kering, kelembapan, dan angin juga dapat berpengaruh.

Itu dia sederet obat mata merah alami maupun medis yang dapat detikers coba. Tapi, ada baiknya untuk mengidentifikasi penyebab kemerahan pada matamu dengan berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat-obat di atas.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kenali Obat Mata Merah Alami dan Medis Berdasarkan Penyebabnya"