Hagia Sophia

06 November 2023

Pria Ini Kena Varikokel Grade 3, Buah Zakarnya Turun Sebelah

Curhat pria mengidap varikokel. (Foto: SS Tiktok Viral @aryaagusj)

Seorang pria di Bali bernama Arya (27) membagikan pengalamannya mengidap varikokel atau varises di testis atau buah zakarnya. Melalui akun TikTok pribadinya @aryaagusj, kisah Arya viral lantaran banyak pria yang ternyata juga merasakan gejala yang dirinya alami.

Arya mengatakan bahwa gejala yang ia rasakan adalah nyeri yang hilang timbul pada bagian testis. Selain itu, dirinya juga mendapati perubahan fisik di mana terdapat urat yang tampak pada testisnya dan buah zakarnya turun sebelah.

"Rasa sakitnya itu nyeri di bagian sebelah kiri, kayak satu detik dua detik terus hilang. Kalau gejalanya yang timbul itu sebenarnya kayak nggak ngerasain banget gitu lho gejalanya, kadang-kadang kita nggak sadar kalau kita itu sakit varikokel," ungkap Arya kepada detikcom, Sabtu (4/11/2023).

"Tapi dari perubahan fisiknya, jadi itu semacam ada semacam varises, kayak urat pembuluh darah yang tampak banget gitu, dia ada di buah zakar. Buah zakar itu kan ada dua, yang di sebelah kiri itu dia kayak turun tapi dia kayak turun banget," sambungnya lagi.

Mendapati buah zakarnya yang sangat turun sebelah, Arya sudah curiga kalau terdapat masalah pada organ intimnya tersebut. Awalnya, ia sempat mengira bahwa dirinya mengidap hernia.

Namun, dia mencari tahu lebih lanjut tentang gejalanya di internet dan media sosial dan ternyata gejala yang dirasakannya lebih mirip dengan gejala varikokel.

"Tapi sejak saya cari-cari tahu lagi, kayak di konten-konten TikTok yang sejenis, di sana tuh dibilangnya varikokel. Saya juga coba googling-googling, ih kok mirip gejalanya. Emang ketika dipegang itu kayak ada semacam urat, pembuluh darah, yang kalau dipegang itu nyata banget, terasa banget dia," jelas Arya.

Arya mengaku bahwa ia telah mengalami gejala varikokel sejak dirinya masih kuliah di tahun 2014. Namun saat itu, dirinya takut dan menganggap tidak punya waktu untuk memeriksakan diri ke dokter.

"Sebenarnya saya udah merasakan gejala ini dari saya kuliah, 2014. Cuman takut, dulu karena masih kuliah, kayak nggak ada waktu untuk periksa," katanya.

Karena merasa tidak nyaman dengan kondisi testis yang turun sebelah dan varises pada testis yang kian memanjang dan membesar, akhirnya Arya memutuskan untuk memeriksakan kondisinya bulan Agustus lalu.

Dirinya ke puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit. Di sana, Arya diarahkan ke poli urologi dan melakukan USG. Hasil USG menunjukkan bahwa dirinya mengidap varikokel grade 3 pada testis sebelah kiri dan grade 2 pada testis sebelah kanan. Dokter memutuskan untuk mengoperasi varikokel pada testis bagian kiri Arya.

"Kebetulan saya di grade 3 yang sebelah kiri. Yang sebelah kanan itu grade 2. Yang diputuskan untuk dioperasi sama dokternya hanya yang kiri saja. Karena kalau udah grade 3 ke atas itu satu-satunya untuk sembuh itu ya dioperasi," sebutnya.

Dirinya menjalani operasi pada bulan September lalu. Pasca operasi, dirinya mengaku bahwa urat-urat yang timbul pada testisnya sudah menghilang dan kini ia sudah bisa melakukan aktivitas normal.

Dikutip dari Mayo Clinic, varikokel adalah pembesaran pembuluh darah vena di dalam kantong kulit yang menahan testis. Varikokel hanya terjadi di skrotum dan sangat mirip dengan varises yang dapat terjadi di kaki. Kondisi ini bisa mengakibatkan penurunan produksi dan kualitas sperma.

Varikokel bisa disebabkan oleh katup yang rusak di pembuluh darah di dalam skrotum, tepat di atas testis. Normalnya, katup ini mengatur aliran darah ke dan dari testis. Ketika aliran normal tidak terjadi, darah akan mundur, kemudian menyebabkan pembuluh darah melebar.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Pria Curhat Buah Zakarnya Turun Sebelah, Ternyata Kena Varikokel Grade 3"