Hagia Sophia

06 November 2023

Liga Inggris: Luton Town Imbangi Liverpool 1-1

Luis Diaz bikin gol yang membuat Luton Town vs Liverpool tuntas 1-1 (REUTERS/IAN WALTON)

Luis Diaz jadi pahlawan yang menghindarkan Liverpool dari kekalahan atas Luton Town. Golnya di injury time membuat laga tuntas 1-1.

Pada pertandingan pekan ke-11 Liga Inggris di Kenilworth Road Stadium, Minggu (5/11/2023) dini hari WIB, Luton mampu merepotkan Liverpool dengan permainan bertahannya.

Liverpool yang mendominasi laga malah tertinggal duluan oleh gol Tahith Chong pada menit ke-80. Diaz menyelamatkan satu poin untuk timnya berkat gol di menit ke-95.

Liverpool gagal menempel Manchester City di puncak Klasemen Liga Inggris, setelah tertahan di posisi keempat dengan 24 poin, selisih tiga angka. Luton di posisi ke-17 dengan enam poin.

Jalannya pertandingan

Baru lima menit laga berjalan, Luton dan Liverpool, sudah bisa menciptakan peluang satu sama lain. Luton mengancam pertama kali lewat sepakan Ross Barkley pada menit kelima yang tepat di tangkapan Alisson Becker.

Tak lama kemudian, Liverpool membalas lewat Darwin Nunez yang menusuk dari sisi kanan dan melepaskan sepakan melengkung yang bisa ditepis Thomas Kaminski.

Nunez mendapat kans lagi bikin gol pada menit ke-13 saat mendapat umpan lambung dari Trent Alexander-Arnold. Nunez mendapatkan bola di kotak penalti, menaklukkan penjaganya, tapi tidak dengan mistar gawang.

Ini adalah peluang keempat Nunez musim ini yang menghantam gawang, dua kali lipat dari pemain lainnya.

Liverpool terus menggempur Luton tapi mereka kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah yang bermain solid. Satu peluang lagi didapat Liverpool pada menit ke-33.

Ryan Gravenberch membawa bola sampai mendekati kotak penalti Luton sebelum mengoper kepada Jota, yang membidik tiang dekat tapi bisa ditepis Kaminski.

Tak ada gol tercipta hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Liverpool masih mendominasi permainan dan terus coba mencari celah untuk mendapatkan gol. Tapi, upaya mereka sia-sia karena sulit menembus pertahanan tuan rumah.

Gawang Liverpool nyaris bobol pada menit ke-65 ketika kesalahan di lini belakang membuat Chiedozie Ogbene dengan mudahnya menusuk dari sisi kiri. Bola diberikan kepada Carlton Morris yang langsung menendang dari jarak dekat, yang bisa ditepis Alisson.

Cody Gakpo, Harvey Elliott, dan Kostas Tsimikas dimasukkan ketika laga berjalan lebih dari sejam, untuk menaikkan intensitas serangan.

Gakpo hampir bikin gol pada menit ke-68 andaikan dia bisa menyambar umpan silang Elliott dengan sempurna. Tapi bola malah jatuh di belakangnya.

Dua menit kemudian giliran Nunez yang membuang peluang saat dia mendapat umpan sundulan dari Mo Salah di tiang jauh. Sayang, sepakan Nunez dari jarak dekat malah melayang.

Nunez mendapat umpan terobosan dari Salah pada menit ke-72 dan mengarahkan ke pojok gawang yang bisa ditepis Kaminski.

Keasyikan menyerang, gawang Liverpool malah bobol pada menit ke-80. Dari situasi korner di kotak penalti Luton, pertahanan mereka terbuka sehingga Ross Barkley mampu menggiring bola lewat serangan balik.

Barkley memindahkan bola ke Issa Kabore di sisi kanan yang langsung mengirimkan umpan tarik, untuk diselesaikan Tahit Chong di depan gawang Alisson.

Tahith Chong membobol gawang Liverpool. (Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)

Tertinggal, Liverpool makin bernafsu menyerang Luton. Hasilnya baru didapat pada menit ke-95 saat pemain pengganti Luis Diaz menyamakan skor 1-1.

Umpan silang Elliott dari sisi kanan mengarah ke tiang jauh dan Diaz berhasil mengalahkan Kabore dalam duel udara, sebelu, menanduk bola ke gawang.

Hingga laga Luton Town Vs Liverpool tuntas, skor 1-1 tetap bertahan.

Susunan pemain

Luton Town: Thomas Kaminski; Gabriel Osho, Tom Lockyer, Teden Mengi; Issa Kabore, Ross Barkley, Marvelous Nakamba, Andros Townsend (Tahith Chong 61'), Alfie Doughty; Carlton Morris (Elijah Adebayo 75'), Chiedozie Ogbene (Jacob Brown 79').

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Joe Gomez (Kostas Tsimikas 67'); Ryan Gravenberch (Luis Diaz 83'), Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai (Harvey Elliott 66'); Mohamed Salah, Darwin Nunez, Diogo Jota (Cody Gakpo 66').


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Luton Town Vs Liverpool: Luis Diaz Selamatkan Si Merah"