Hagia Sophia

30 December 2023

Manfaat yang Didapat dari Kebiasaan Makan Langsung Pakai Tangan

Ilustrasi. (Foto: Twitter @TheRoyalButler)

Selain nutrisi yang dikandung makanan, cara makan juga penting diperhatikan. Sebab, cara seseorang mengonsumsi makanan dan minuman juga bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Bagi beberapa orang makan nasi langsung memakai tangan terasa lebih nikmat dibandingkan makan menggunakan sendok dan garpu. Namun rupanya di samping itu, kebiasaan makan langsung dengan tangan juga bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan lho.

Menurut Direktur Rumah Sakit Ayurveda Nagarjuna, Dr Pallatheri Nambi Namboodiri yang dikutip dari Medical Daily, makan dengan tangan bisa menjaga keseimbangan metabolisme, yang merupakan faktor penting untuk kesehatan secara menyeluruh.

Disingungnya, penggunaan peralatan makan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Kedengarannya mungkin sulit dipercaya, tetapi ada banyak manfaat dari mengonsumsi makanan dengan tangan. Dikutip dari Health Shots, berikut berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan makan langsung menggunakan tangan:

1. Mencegah makan berlebih
Secara psikologis, mengonsumsi makanan dengan tangan tanpa alat makan membuat seseorang lebih memperhatikan apa yang dimakan. Konsumsi makanan tanpa alat ini, memungkinan seseorang untuk lebih menikmati makanannya secara perlahan. Hal ini membantu orang merasa lebih kenyang meski dengan porsi makan yang lebih sedikit.

2. Mencegah diabetes tipe dua
Menurut penelitian, ada kemungkinan kebanuakan pasien diabetes tipe dua terbiasa makan dengan terburu-buru dan tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi. Makan cepat berkaitan dengan perbedaan gula darah dalam tubuh, sehingga menjadi faktor besar risiko terjadinya diabetes tipe ini.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Begitu orang menyentuh makanannya dengan tangan, secara otomatis otak memberi sinyal pada perut bahwa siap untuk makan. Kondisi ini dapat meningkatkan pencernaan karena perut bisa bersiap-siap lebih awal untuk menerima makanan yang masuk dalam tubuh.

4. Menambahkan bakteri baik ke usus
Tambahan bakteri baik yang didapatkan ketika makan dengan tangan dikenal sebagai flora normal. Bakteri ini bisa melindungi seseorang dari banyak bakteri jahat dari lingkungan luar. Bakteri ini diperlukan di berbagai tubuh seperti di mulut, tenggorokan, dan usus.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Konsumsi makanan dengan tangan, terbukti menjadi latihan otot yang bisa membantu peningkatan sirkulasi darah. Gerakan tangan yang terjadi saat makan, membantu meningkatkan aliran darah yang lebih baik dan bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Makan Pakai Tangan, Salah Satunya Cegah Gendut gegara Makan Kebanyakan"