Hagia Sophia

30 December 2023

Beberapa Manfaat Konsumsi Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi air kelapa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PitchyPix)

Air kelapa lebih sering dikenal sebagai salah satu minuman pelepas dahaga yang nikmat, terutama di tengah cuaca panas.

Selain menyegarkan, air kelapa pun memiliki khasiat baik bagi kesehatan, salah satunya aman dikonsumsi untuk pengidap diabetes. Hal Ini dikarenakan air kelapa mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan elektrolit yang dapat menunjang kesehatan.

Manfaat Air Kelapa untuk Pengidap Diabetes

1. Memiliki indeks glikemik rendah
Salah satu alasan air kelapa aman dikonsumsi pengidap diabetes adalah karena minuman ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah indikator seberapa cepat makanan berkarbohidrat memengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi angkanya, maka semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah.

Air kelapa sendiri memiliki indeks glikemik 54. Sebagai informasi, indeks glikemik rendah berada di rentang 1-55. Artinya, air kelapa termasuk ke minuman dengan indeks glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi pengidap diabetes.

2. Membantu mengendalikan gula darah
Kandungan nutrisi yang ada dalam air kelapa dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Air kelapa mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, dan folat. Semua nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

Vitamin C misalnya. Sebuah riset menunjukkan mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat mencegah kenaikan gula darah pada pengidap diabetes. Sementara, studi lain juga mengungkapkan rutin mengonsumsi magnesium dan kalsium dapat mencegah diabetes, serta membantu mengurangi kenaikan gula darah pada pengidap diabetes.

3. Meningkatkan produksi hormon insulin
Selain nutrisi di atas, air kelapa juga mengandung zat yang tak kalah penting dalam mengendalikan gula darah, kalium (potassium). Kalium adalah zat yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon insulin. Jika jumlah hormon insulin meningkat, maka dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mencegah diabetes. Pada pengidap diabetes, hal ini dapat membantu mengendalikan dan mencegah kenaikan kadar gula darah.

4. Mengandung serat tinggi
Air kelapa juga kaya akan serat, yang mana dapat membantu mengendalikan gula darah. Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat yang lama dicerna. Proses pencernaan yang lama tersebut membuat tubuh tidak akan mengalami kenaikan gula darah yang signifikan dari makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, kandungan serat dalam air kelapa juga bisa membuat tubuh merasa lebih kenyang dan menekan keinginan untuk ngemil. Sehingga, air kelapa bisa membantu mengontrol berat badan yang mana merupakan salah satu faktor risiko diabetes.

5. Meningkatkan fungsi metabolisme
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air kelapa mengandung kalium yang sangat dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain manfaat tersebut, kalium juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika metabolisme berlangsung dengan optimal, maka karbohidrat yang dicerna akan diproses menjadi glukosa yang memberikan energi untuk tubuh. Tapi jika tubuh tidak bisa memecah karbohidrat menjadi glukosa, maka dapat memicu kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan, Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes"