Hagia Sophia

30 December 2023

Beberapa Topik Olahraga yang Trending di Tahun 2023

Foto: Shutterstock/

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Ada banyak alasan mengapa orang-orang berolahraga, mulai dari untuk menjaga kesehatan, membentuk otot, hingga menurunkan berat badan.

Ada berbagai macam jenis dan variasi olahraga yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Terlebih, setiap orang belum tentu bisa melakukan jenis olahraga yang sama. Karenanya, sepanjang tahun 2023 pencarian di internet tak pernah sepi dari orang-orang yang terus mencari olahraga yang cocok untuk diri mereka.

Bahkan, ada beberapa topik olahraga yang sempat trending dan mencuri perhatian masyarakat selama tahun 2023. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Olahraga Pound Fit
Olahraga pound fit adalah salah satu topik yang sempat mencuri perhatian banyak orang. Sebenarnya, apa sih olahraga pound fit itu?

Pound fit adalah olahraga kardio yang terinspirasi dari gerakan menabuh drum. Bahkan, olahraga ini juga menggunakan alat mirip stik drum yang bernama ripstix.

Yang menarik dari olahraga ini adalah instruktur tidak hanya memutar musik saat berolahraga, tapi juga peserta Pound Fit ikutt membantu menciptakan lagu dengan ketukan ripstixnya.

Selain menyenangkan, alasan lain olahraga ini digandrungi adalah karena bisa membakar banyak kalori. Menurut seorang instruktur Pound Fit bernama KaToya Sumner, Pound Fit selama 45 menit bisa membakar hingga 900 kalori. Tak heran jika olahraga ini jadi pilihan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

2. Olahraga Kun Bokator
Kun Bokator adalah olahraga yang menyedot atensi saat muncul pertama kali sebagai salah satu cabang di SEA Games 2023. Kun Bokator sendiri merupakan olahraga bela diri yang berasal dari Kamboja.

Kun Bokator adalah seni bela diri yang sudah ada sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Konon, seni bela diri ini telah ada sejak zaman kerajaan Khmer.

Bahkan, Kun Bokator disebut sebagai sistem pertempuran yang dikembangkan untuk tentara Khmer. Gerakan dalam bela diri ini fokus pada kekuatan serangan pukulan, siku, lutut, bantingan, serta kuncian. Jadi bisa dibilang kalau Kun Bokator merupakan campuran dari teknik-teknik yang juga dikenal di seni bela diri lain.

3. Olahraga Malam Hari
Olahraga malam hari menjadi salah satu topik yang juga sering dicari sepanjang 2023. Tak heran memang, mengingat rutinitas sehari-hari membuat banyak orang tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga secara teratur.

Bagi mereka yang ingin konsisten berolahraga, malam hari pun menjadi satu-satunya waktu yang bisa dimanfaatkan. Biasanya, olahraga malam hari berupa gerakan-gerakan ringan atau latihan peregangan. Meski tidak seintens olahraga di waktu biasa, olahraga malam juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Misalnya, yoga. Gerakan yoga tertentu diyakini dapat menurunkan kadar stres yang menumpuk setelah seharian beraktivitas. Begitu juga dengan peregangan. Beberapa gerakan peregangan diyakini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, olahraga malam juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Adapun beberapa olahraga malam hari yang disarankan untuk menurunkan berat badan di antaranya seperti glute bridge, plank, push-up, squats, crunches, dan latihan sederhana lainnya.

4. Olahraga Crossfit
Crossfit juga menjadi olahraga yang cukup mendapat sorotan sepanjang 2023. Pasalnya, olahraga ini disebut-sebut dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat.

Crossfit adalah olahraga intensitas tinggi yang melibatkan elemen-elemen dari berbagai macam olahraga. Karena itu, gerakan-gerakan pada Crossfit biasa merupakan gabungan dari gerakan olahraga yang familiar, seperti angkat beban, lari, senam, push-up, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari laman resminya, crossfit berfokus pada gerakan-gerakan fungsional, pendekatan pada variasi latihan, serta intensitas untuk menciptakan program latihan yang dapat memberi keuntungan besar bagi kesehatan.

5. Olahraga Luge
Luge adalah olahraga kereta luncur yang sering dipertandingkan di ajang Olimpiade. Meski terkesan menyenangkan, luge merupakan salah satu olahraga yang berbahaya loh.

Pasalnya, atlet-atlet luge harus meluncur di atas kereta salju kecil dengan kecepatan tinggi di atas lintasan es yang sangat licin. Lintasannya tidak hanya berupa jalur lurus saja, tapi juga berupa turunan dan belokan tajam. Karena luge adalah olahraga yang mementingkan kecepatan, para atletnya sangat rentan mengalami kecelakaan hingga cedera yang fatal.

Meski berbahaya, olahraga luge tidak sepi peminat. Bahkan di Indonesia ada beberapa tempat wisata yang menyediakan wahana bermain luge di atas aspal menggunakan kereta luncur berbentuk go-kart. Penasaran untuk mencoba?



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Topik Olahraga yang Paling Banyak Dikepoin di Google Selama 2023"