Hagia Sophia

30 December 2023

Beberapa Ide Resolusi Sehat di Tahun 2024 yang Bisa Dicoba

Ilustrasi diet. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang menjadikan 'punya tubuh langsing' salah satu resolusi sehat di tahun 2024? Memiliki tubuh langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun, tak jarang kondisi ini sulit dilakukan oleh orang-orang tertentu khususnya yang memiliki masalah berat badan berlebih.

Tak perlu khawatir, berikut beberapa ide resolusi sehat 2024 yang bisa dicoba untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat dan membuat badan lebih ramping seperti dikutip dari Real Simple:

Mengganti Alternatif Makanan Manis

Ahli diet dari C&J Nutrition di New York City Willow Jarosh mengatakan mengonsumsi makanan penutup dalam jumlah yang tepat tidak akan mempengaruhi proses penurunan berat badan. Ia menuturkan selektif dalam memilih jenis makanan manis dapat mempengaruhi manfaat yang diterima oleh tubuh.

"Tetapi kalau Anda tetap ingin makan manis dan mengurangi gula, coba tambahkan rasa manis itu pada makanan sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian," ujar Willow.

Daripada mengonsumsi sebatang coklat, cobalah kacang almond yang dilapisi oleh coklat atau potongan pisang beku yang dicelupkan ke coklat sebagai pilihan lebih sehat untuk mengonsumsi makanan penutup yang manis.

Perbanyak Jalan Kaki

Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari dapat memberikan efek yang besar kepada tubuh. Jika jarak ke suatu tempat masih berkisar 1-2 km, cobalah jalan kaki untuk memperbanyak jumlah aktivitas fisik.

"Bahkan jika lingkungan Anda tidak dapat dilalui dengan jalan kaki, Anda masih dapat berjalan dari toko ke toko di dalam komplek perbelanjaan besar, taman, atau untuk keperluan lain," ujar instruktur kebugaran bersertifikat di AS Michele Stanten.

Selain membantu proses diet, memperbanyak aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat membantu memperbaiki suasana hati hingga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Makan dengan Lebih 'Sadar'

Belajarlah untuk lebih memperhatikan tanda-tanda rasa lapar, bukan mengabaikannya. Meminum sedikit air di tengah makan juga dapat membantu proses makan menjadi lebih lambat dan membuat diri lebih 'sadar' ketika sedang makan.

Ketika makan dilakukan dengan kesadaran, kegembiraan yang didapat dari proses tersebut bisa lebih mudah didapatkan. Jika dari makanan tersebut tidak ditemukan rasa gembira, maka rasa kenyang juga akan lebih sulit untuk muncul.

Batasi Main Ponsel

Membatasi penggunaan ponsel juga bisa menjadi salah satu resolusi sehat 2024. Langkah ini perlu dilakukan, khususnya ketika sedang menikmati makanan.

Sebuah studi yang dilakukan University of British Columbia menemukan bahwa seseorang yang meletakkan ponselnya saat makan malam cenderung kurang menikmati pengalaman makan malam dibandingkan dengan mereka yang menyimpan ponsel pintar.

Makan Sayur saat Sarapan dan Perbanyak Air Putih

Cobalah mengonsumsi lebih banyak sayuran ketika sarapan untuk mendapatkan manfaat lebih besar pada tubuh. Hal ini perlu menjadi perhatian terlebih menurut data Kemenkes RI ada sekitar 95,3 persen orang Indonesia kurang makan sayur dan buah. Kombinasikan sayur pada menu sarapan sederhana sebelum memulai aktivitas.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga sangat penting untuk menjaga sistem organ tubuh berjalan dengan baik. Air juga penting untuk melumasi persendian, menjaga suhu internal tubuh, hingga melembabkan kulit.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sudah Diet Tapi Tak Kurus? Coba 5 Ide Resolusi Hidup Sehat Buat yang Hampir Nyerah"