Hagia Sophia

30 December 2023

Beberapa Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit glowing (Foto: Dok. Shutterstock)

Kulit sehat bercahaya adalah dambaan banyak orang. Tak hanya dengan rangkaian skincare dan perawatan dokter, kulit 'glowing' juga bisa diperoleh dengan memilih asupan makanan tertentu lho.

Tak melulu produk skincare mahal, makanan tertentu memiliki nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap lembab dan bercahaya. Dikutip dari Healthline, inilah beberapa makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Ikan Berlemak
Ikan berlemak, misalnya salmon, menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain menjadi sumber protein protein, jenis makanan laut ini juga mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menjaga kelembaban kulit.

2. Alpukat
Kandungan lemak sehat pada alpukat berguna untuk membantu menjaga keelastisan dan kelembaban kulit. Buah yang satu ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Nutrisi lain dalam alpukat yang juga penting untuk kesehatan kulit yakni vitamin E dan vitamin C yang lebih efektif bila dikombinasikan.

3. Ubi Jalar
Ubi jalar menjadi sumber beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Selain menjaga kesehatan kulit, kandungan beta karoten melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Paprika merah atau kuning
Seperti halnya ubi jalar, paprika adalah sumber beta karoten yang sangat baik. Paprika merah atau kuning juga menjadi salah satu sumber vitamin C yang diperlukan untuk membuat protein kolagen agar kulit tetap kencang.

5. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung lutein yang melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

6. Tomat
Selain mengandung vitamin C, tomat juga kaya akan karotenoid yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karotenoid tak hanya melindungi kulit dari kerusakan tapi juga mencegah kerutan.

7. Teh Hijau
Senyawa kuat seperti katekin yang ditemukan dalam teh hijau, bekerja untuk meningkatkan kesehatan kulit. Bukan hanya mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari, teh hijau juga meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Makanan Ini Bikin Kulit Sehat dan Bercahaya, Lezat dan Nggak Bikin Tersiksa"