Hagia Sophia

30 December 2023

Beberapa Obat Penurun Panas Anak yang Alami dan Efektif

Ilustrasi anak demam. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove)

Saat anak mengalami demam, sebagai orang tua tentu merasa khawatir dan ingin segera memberikan bantuan yang tepat. Meskipun demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi, tetap saja perlu diatasi dengan benar.

Karena hal tersebut, sebaiknya para orang tua mempelajari beberapa cara menurunkan demam secara alami pada anak supaya bisa segera ditangani. Jangan buru-buru langsung membawa anak ke dokter, coba dulu sederet cara berikut ini.

Obat Penurun Panas Anak Alami

1. Kompres dengan Air
Cara menurunkan panas anak yang alami salah satunya dengan menggunakan kompres. Orang tua hanya perlu membasahi kain bersih dengan air yang tidak terlalu panas atau dingin, kemudian gunakan kain tersebut untuk mengompres dahi, dada, perut, atau ketiak anak saat tidur atau berbaring.

Diamkan kain kompres selama 20-30 menit. Basahi kembali kompres jika mulai terasa kering atau panas. Jangan lupa untuk memantau suhu tubuh anak secara berkala sambil memberikan kompres.

2. Mandi Air Hangat
Anak yang sedang demam bukan berarti tidak boleh mandi. Anak tetap bisa mandi, namun pastikan air yang digunakan adalah air hangat atau suhu normal. Jangan biarkan anak yang demam mandi dengan air dingin karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuatnya menggigil.

3. Pijat dengan Minyak Kayu Putih
Orang tua juga bisa memijat anak menggunakan minyak kayu putih untuk menurunkan panasnya. Agar lebih efektif, campurkan minyak kayu putih dengan bahan-bahan herbal seperti bawang merah atau perasan jeruk nipis, lalu beri pijatan di area punggung, dada, dan perut anak agar kondisinya membaik.

4. Lemon dan Madu
Campuran lemon dan madu diyakini efektif untuk menurunkan demam pada anak. Selain itu, lemon dan madu dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak, sehingga membantu dalam melawan infeksi penyebab demam.

Caranya cukup dengan menambahkan dua sendok makan madu ke dalam segelas kecil jus lemon, kemudian minumkan ke anak. Tapi ingat, obat penurun panas anak alami ini hanya boleh diberikan kepada anak berusia 1 tahun ke atas agar tidak terjadi botulisme.

5. Jahe Hangat
Selain lemon dan madu, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menurunkan demam anak adalah jahe. Jahe memiliki antioksidan dan bersifat antibakteri sehingga dapat membantu meredakan peradangan serta melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Cara membuatnya bisa dengan mencampurkan irisan jahe ke dalam segelas air atau teh hangat. Orang tua juga bisa mencampurkan sedikit madu sebagai pemanis agar anak bisa meminumnya dengan lebih mudah.

6. Lidah Buaya
Selain berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan sebagai obat penurun panas anak yang alami. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya dan meramunya menjadi minuman untuk menurunkan demam anak. Selain dengan minuman, orang tua juga bisa mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit anak agar terasa lebih dingin dan sejuk.

7. Semangka
Kandungan air yang ada dalam buah semangka bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak saat sedang demam. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka organ-organ tubuh bisa tetap berfungsi normal sehingga mempercepat proses pemulihan.

Buah semangka juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan C, serta likopen yang bisa membantu meredakan peradangan dan melawan infeksi dalam tubuh.

8. Air Kelapa
Sama seperti semangka, air kelapa juga bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak saat demam. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung vitamin, mineral, serta elektrolit yang bisa membantu menurunkan demam, sekaligus membuat tubuh anak tetap segar.

9. Teh Peppermint
Teh peppermint juga bisa dikonsumsi sebagai obat penurun panas anak alami. Teh ini mengandung mentol yang dapat memberikan rasa dingin dan menyejukkan. Berikanlah teh peppermint hangat kepada anak untuk membuat tubuhnya lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga dapat menurunkan panasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Obat Penurun Panas Anak Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan"