Hagia Sophia

21 January 2024

Bintang Terbesar dan Paling Terang di Galaksi

Ini Bintang Terbesar dan Paling Terang di Galaksi. Foto: Anadolu Agency

Jika melihat gugusan bintang dengan mata telanjang tentu banyak sekali bintang yang terkesan sangat mirip satu sama lain. Namun, sejatinya terdapat bintang yang tampak dengan warna berbeda.

Sebagian besar bintang memang terlihat berwarna putih, beberapa lagi merah dan beberapa lainnya berwarna biru. Warna-warna tersebut menggambarkan informasi tentang suhu dan masanya. Dilansir detikINET dari Space, bintang berwarna biru memiliki suhu yang paling panas dan massa yang paling besar yang membuatnya tampak paling terang.

Bintang Biru Berumur Pendek Karena Panas

Walau begitu, sebenarnya komposisi setiap bintang tetaplah sama yaitu dengan 75% hidrogen, 24% helium dan beberapa unsur lainnya. Walau begitu, bintang biru memiliki aktivitas yang lebih masif serta kemampuan bercahaya yang lebih tinggi.

Warna biru pada bintang juga disebabkan karena temperatur yang sangat tinggi di berbagai bintang biru. Artinya, mereka sangat masif mengeluarkan energi yang besar ke luar angkasa yang akibatnya akan membakar bintang itu sendiri. Alhasil, biasanya bintang biru memiliki umur yang pendek.

Para ilmuwan mengatakan bahwa sebenarnya semua bintang yang dapat dilihat sekarang merupakan bintang yang ada dalam fase pertama dari urutan evolusi mereka. Pada fase ini, bintang-bintang tersebut mengubah hidrogen menjadi helium melalui fusi nuklir. Berapa lama bintang-bintang tersebut pada fase ini tergantung dari massa bintang.

Maka dari itu, bintang-bintang biru merupakan bintang yang membakar 'diri mereka' lebih cepat dari bintang lainnya. Energi yang dipancarkan bintang biru tersebut diperkirakan 60.000 kali lebih banyak daripada matahari.

Bintang Biru Paling Terkenal

Di alam semesta, ada tiga bintang biru yang paling terkenal. Pertama adalah Regulius yang berada di rasi bintang Leo, kedua ada bintang Spica yang berada di rasi bintang Virgo lalu bintang Rigel yang berada di rasi bintang Orion sebagai yang paling terang.

Bintang Regulus memiliki jarak 79 tahun cahaya dari bumi, bintang Spica 250 tahun cahaya dari bumi dan bintang Rigel 860 tahun cahaya dari Bumi.



























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ini Bintang Terbesar dan Paling Terang di Galaksi"