Hagia Sophia

21 January 2024

Liga Inggris: Arsenal Kalahkan Crystal Palace 5-0

Arsenal pesta gol 5-0 melawan Crystal Palace. (Foto: REUTERS/HANNAH MCKAY)

Arsenal akhirnya kembali ke jalur kemenangan. Melakoni Derby London melawan Crystal Palace, Arsenal menang mudah dengan skor akhir 5-0.

Duel Arsenal vs Crystal Palace berlangsung di Stadion Emirates pada Sabtu (20/1/2024) malam WIB. The Gunners langsung unggul dua gol saat jeda berkat gol Gabriel Magalhaes dan gol bunuh diri Dean Henderson.

Di babak kedua Leandro Trossard menyumbang satu gol buat Arsenal. Sedangkan Gabriel Martinelli, yang masuk sebagai pemain pengganti mencetak dua gol tambahan.

Hasil ini menandai berakhirnya puasa kemenangan Arsenal yang berlangsung selama tiga pertandingan Premier League. Meriam London berhak naik ke peringkat ketiga klasemen usai mengoleksi 41 poin dari 21 laga, mendekati Liverpool di puncak dengan selisih dua poin.

Sementara itu Crystal Palace bergeming di posisi 14. The Eagles mengumpulkan 21 poin dari 21 laga, hanya berjarak lima poin dari zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Arsenal memulai pertandingan dengan kencang. Arsenal beberapa kali menebar ancaman meski Crystal Palace mampu bertahan solid untuk menangkal serangan.

Gabriel Magalhaes membuka skor di menit kesebelas. Sepak pojok Declan Rice dari sayap kiri, Magalhaes menyambut dengan tandukan. Bola menyentuh tanah lebih dulu sebelum bersarang di sudut atas gawang Crystal Palace.

Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Arsenal terus menekan Crystal Palace. Di menit ke-22, sodoran Ben White kepada Bukayo Saka diteruskan Gabriel Jesus. Chris Richards menyapu bola sehingga menjadikan sepak pojok. Magelhaes lagi-lagi menyundul bola, tapi kali ini melebar.

Pada 15 menit kemudian, Arsenal berhasil memperbesar keunggulan atas Crystal Palace. The Gunners diuntungkan dengan gol bunuh diri Dean Henderson.

Lagi-lagi dari sepak pojok, Magalhaes menyongsong bola dengan sundulan. Bola mengenai badan Henderson sebelum masuk ke gawang Palace. Arsenal kini unggul 2-0. Skor yang bertahan sampai turun minum.

Crystal Palace meningkatkan intensitas selepas jeda. Eberechi Eze melakukan tusukan ke tengah lalu melakukan tendangan mendatar ke arah sudut kiri. David Raya masih bisa mengantisipasi bola.

Arsenal dua kali mengklaim penalti setelah pelanggaran terhadap Bukayo Saka dan Gabriel Jesus, tapi seluruhnya ditolak. Sebelum laga genap bergulir sejam, Arsenal berhasil mencetak gol ketiganya.

Leandro Trossard memperbesar keunggulan Arsenal 3-0 atas Crystal Palace di menit ke-59. David Raya melakukan lemparan jauh dari belakang kepada Gabriel Jesus. Bola diterima Trossard di kotak penalti, lalu menggocek Nathaniel Clyne, sebelum menuntaskan dengan tembakan kaki kanan.

Selanjutnya pertandingan berjalan nyaris satu arah. Arsenal terus menggempur Crystal Palace demi mengejar gol tambahan.

Di masa injury time, Arsenal akhirnya berhasil menciptakan gol keempat yang ditunggu-tunggu. Martinelli membobol gawang Crystal Palace sehingga kedudukan berubah 4-0. Operan Eddie NKetiah diterima Martinelli di sisi kiri kotak penalti, untuk diselesaikan dengan sepakan ke arah tiang jauh.

Martinelli melahirkan gol keduanya atau gol kelima Arsenal hanya sesaat sebelum laga bubar. Martinelli melakukannya dengan cara yang mirip seperti gol pertamanya. Umpan Jorginho di lapangan tengah diselesaikan Martinelli dengan sepakan kaki kanan ke tiang jauh.

Susunan Pemain

Arsenal: David Raya, Zinchenko, Magalhaes (Nketiah 81'), Ben White, Saliba, Odegaard, Rice (Jorginho 73'), Havertz (Martinelli 69'), Trossard (Smith Rowe 69'), Gabriel Jesus (Kiwior 81'), Bukayo Saka

Crystal Palace: Dean Henderson, Clyne, Andersen, Guehi, Mitchell, Richards, Schlupp, Hughes (Ozoh 68'), Lerma, Eberechi Eze, Mateta



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Crystal Palace: The Gunners Pesta Gol 5-0"