Hagia Sophia

21 January 2024

Tips untuk Atasi Sepatu Basah Karena Kehujanan

Sepatu yang kehujanan harus dibersihkan agar tak bau (Foto: iStock,detik)

Tak cuma berisiko bikin bau kaki, sepatu yang basah akibat kehujanan juga berisiko menjadi sarang jamur dan keluhan gatal-gatal di kaki. Lantas agar tak memicu masalah, bagaimana cara paling tepat untuk membersihkan sepatu yang habis terciprat air hujan?

Seorang owner jasa layanan cuci sepatu Kamar Mandi Shoes and Treatment, Tri Tamtomo (28), menjelaskan bahwa sebenarnya, langkah pertama untuk mencegah jamur tumbuh di bagian dalam sepatu setelah kehujanan adalah dengan langsung mengeringkannya. Namun agar bau dalam sepatu bisa benar-benar hilang, cara mengeringkan sepatu pasca kehujanan pun perlu diperhatikan.

"Cara mengeringkannya, paling gampang di rumah diangin-anginkan saja. Even cuma ditaruh saja begitu sebenarnya nggak apa-apa dibandingkan dijemur langsung di bawah sinar matahari atau di-hairdryer secara langsung itu cepat merusak bagian sepatu. Hairdryer juga merusak kalau secara terus-menerus dan lama," jelasnya saat ditemui detikcom di Jakarta Timur, Kamis (11/1/2024).

"Seharusnya setelah terkena hujan, minimal banget untuk practical di rumah (bagian sepatu) dalamnya dulu aja. Kalau luarnya, kalau memang nggak sempat yang penting dalamnya. Karena di dalamnya, biasanya bakteri di dalam sepatunya yang bikin bau kaki sama jamuran," imbuhnya.

Beberapa orang terbiasa meletakkan sepatu basah di belakang kulkas agar cepat kering. Memang, cara ini ampuh mengeringkan sepatu dengan cepat. Namun menurut Tomo, bau tak sedap dari dalam sepatu tak akan hilang sepenuhnya dengan cara ini.

"Bisa (sepatu dikeringkan dengan cara diletakkan di belakang kulkas). Tapi kebanyakan gampang lembabnya adalah saat sepatu belum kering banget," jelas Tomo.

"Sepatu dipaksa untuk kering banget, padahal bagian dalamnya nggak kena sama hawa panas belakang kulkas, itu yang bisa menyebabkan bakteri-bakteri tadi. Jadi bahan nggak kering sama basah kan jadinya lembab, apek," imbuhnya.

Banyak orang mengira, sepatu yang kotor akibat kehujanan bisa dibersihkan dengan air dan deterjen, atau pasta gigi agar noda di sepatu cepat hilang. Padahal menurut Tomo, cara ini justru bisa memicu kerusakan pada sepatu.

Tomo menjelaskan, sebenarnya cara paling tepat untuk membersihkan sepatu adalah dengan menggunakan sabun dan perangkat khusus pembersih sepatu. Namun jika tidak ada, sabun bayi cair bisa menjadi solusi.

Pasalnya, produk sabun bayi tidak mengandung bahan layaknya pada detergen sehingga aman digunakan untuk membersihkan sepatu, baik bagian luar maupun bagian dalam.

"Kalau nggak ada, amannya yang bisa didapatkan di mana-mana itu pakai sabun bayi. Karena dia detergennya nggak ada. Yang dihilangkan detergennya saja, karena yang nggak bersahabat sama bahan sepatu itu yang bikin sepatu cepat rusak. Yang paling aman didapatkan di umum ya sabun bayi saja," pungkas Tomo.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sepatu Basah Kehujanan? Bikin Kaki Bau-Jamuran Lho, Ini Trik Membersihkannya"