Hagia Sophia

21 January 2024

Kebiasaan Pagi Hari Ini Bisa Buang Lemak di Perut

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt

Tak hanya terasa mengganggu penampilan, timbunan lemak di perut juga bisa menjadi biang beragam penyakit. Tak heran, banyak orang mengusahakan cara ini-itu untuk memangkas lemak perut, sekaligus berupaya menurunkan berat badan berlebih.

Dikutip dari News18, organ dalam tubuh seseorang dikelilingi lemak perut yang lebih berbahaya dibandingkan timbunan lemak lainnya di tubuh. Timbunan lemak perut ini lebih berisiko menimbulkan sejumlah penyakit seperti serangan jantung, diabetes, dan masalah hati.

Nyatanya menurut sejumlah ahli, ada sederet kebiasaan yang dilakukan pagi hari, yang bisa membantu menghempaskan lemak di perut. Pasalnya, kebiasaan ini berkaitan dengan metabolisme tubuh, serta bagaimana tubuh akan bekerja selama seharian.

Lantas sebenarnya, kebiasaan pagi hari apa saja yang efektif menghilangkan timbunan lemak di perut?

1. Langsung minum air setelah bangun tidur
Segelas air dengan tambahan jus lemon di pagi hari adalah 'ramuan' yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Setelah berpuasa semalaman, minuman ini tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan, mendetoksifikasi tubuh, dan meningkatkan penurunan berat badan dengan mempercepat proses pembakaran lemak.

2. Pilih sarapan yang kaya protein
Dengan memilih menu sarapan yang kaya akan protein, seseorang bisa menjaga rasa kenyang bertahan lebih lama sekaligus mempercepat metabolisme. Agar asupan gizi lebih optimal, bisa juga tambahkan makanan lain seperti telur, yoghurt, atau smoothie protein.

Pasalnya, protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, sehingga meningkatkan pembakaran kalori dan mengurangi rasa lapar sepanjang hari.

3. Makan dengan perlahan
Ada baiknya, fokuslah sepenuhnya pada makanan yang disantap saat sarapan. Nikmati setiap gigitan dan makan dengan perlahan. Dengan cara ini, 'sinyal lapar' akan muncul sehingga seseorang lebih peka ketika dirinya sebenarnya sudah kenyang. Walhasil, asupan makan pun menjadi tak berlebihan.

4. Sempatkan gerak fisik
Waktu paling pas untuk berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut adalah pagi hari. Sebab, aktivitas fisik di pagi hari akan meningkatkan metabolisme dan mendorong pembakaran lemak, misalnya dengan jalan cepat, yoga, atau latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Pembakaran lemak dapat ditingkatkan secara signifikan dengan memasukkan sesi singkat latihan interval intensitas tinggi (HIIT) ke dalam rutinitas pagi. Sebab, jenis olahraga ini meningkatkan metabolisme, membakar lebih banyak kalori, dan membantu menghilangkan lemak perut.

5. Makan banyak serat
Makanan kaya serat dapat membantu proses penurunan berat badan sekaligus mengatasi masalah timbunan lemak di perut. Untuk itu, pilihlah menu sarapan berupa biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan kaya serat lainnya.

Dengan sifat melancarkan pencernaan, makanan kaya akan serat dapat mencegah kembung dan penumpukan lemak, sekaligus membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan membantu mengendalikan rasa lapar.

6. Bermeditasi
Penambahan berat badan juga bisa dipengaruhi oleh stres yang berkelanjutan, terutama di bagian tengah tubuh. Dengan menjadikan meditasi sebagai rutinitas pagi, seseorang bisa menurunkan tingkat stres, mengatur hormon, dan meningkatkan kesehatan mental secara umum.

7. Tidur cukup
Keberhasilan upaya penurunan berat badan juga dipengaruhi oleh kecukupan waktu tidur. Pasalnya, kurang tidur mempengaruhi pengaturan hormon, merangsang nafsu makan, dan mendorong penyimpanan lemak, terutama di perut.

Untuk meningkatkan proses pembakaran lemak tubuh dan membantu pengurangan lemak perut, usahakan tidur nyenyak selama 7-9 jam setiap malam.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Kebiasaan Pagi Hari buat Hempaskan Lemak di Perut, Ternyata Simpel Banget!"