Hagia Sophia

27 February 2024

Sakit Pinggang Karena Kelamaan Duduk Jadi Tanda Sakit Ginjal?

Ilustrasi sakit pinggang. (Foto: Shutterstock/)

Kebanyakan orang percaya bahwa salah satu gejala penyakit ginjal adalah sakit di bagian pinggang. Banyak juga yang mengaitkannya dengan kebiasaan duduk terlalu lama yang bisa membuat bagian pinggang sakit.

Apakah sakit pinggang karena terlalu lama duduk bisa menjadi tanda dari penyakit ginjal?

Menanggapi ini, spesialis penyakit dalam dr Djoko Wibisono, SpPD KGH, menjelaskan sakit pinggang karena penyakit ginjal memiliki tanda yang lebih spesifik. Rasa nyeri yang seperti diremas di area pinggang.

"Sakit pinggang karena ginjal biasanya hilang timbul. Dan nyerinya itu seperti diremas dan ada gejala penyertanya, seperti ada batu," jelas dr Djoko dalam temu media di Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).

"Apalagi batunya kalau bergeser, itu nyerinya sangat besar. Seperti diremas dan hilang timbul, disertai rasa mual, keringat dingin, dan kadang-kadang urinenya nanti tambah merah karena adanya darah," sambungnya.

Jika gejala-gejala tersebut mulai dirasakan, segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui USG. Dengan pemeriksaan tersebut, baru bisa dilihat lebih jelas gangguan yang dialami oleh ginjal.

"Dengan USG, bisa kelihatan ada batu ginjal yang bengkak, berarti memang ada batu di sana. Biasanya ini harus dicek jika urine ada darah," kata dr Djoko.

Kerusakan pada ginjal sering kali tidak bisa langsung terdeteksi, terutama jika derajat kerusakannya masih tahap awal. Jika tingkat keparahan sudah tinggi, salah satu tanda yang bisa dilihat adalah bengkak di banyak area tubuh.

Misalnya pada bagian kelopak mata, tungkai, pergelangan kaki, punggung kaki, paha, perut buncit karena cairan, hingga seluruh tubuh. Keluhan lain yang mungkin dilaporkan meliputi:
  • Sesak napas
  • Mual
  • Gatal-gatal
  • Pucat
  • Kulit kering


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Bicara Kemungkinan Sakit Pinggang Kelamaan Duduk Jadi Tanda Penyakit Ginjal"