Hagia Sophia

27 February 2024

Ini yang Harus Dicek Ortu Sebelum Berikan Susu ke Anak

Ilustrasi susu anak. (Foto: Shutterstock)

Satu dari tiga anak di Indonesia berusia di bawah 5 tahun mengalami anemia. Salah satu pemicunya adalah kekurangan zat besi.

Menurut dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK banyak orangtua masih kesulitan memberikan pola makan yang tepat bagi anak. Padahal, bisa dimulai dari memperbanyak asupan makanan kaya protein hewani.

"Untuk itu, penerapan pola makan yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang, termasuk memaksimalkan pemenuhan zat besi sangat diperlukan. Pemenuhan zat besi dapat dilakukan dengan menyediakan makanan dan minuman yang bersumber dari protein hewani yang kaya zat besi seperti daging sapi, ati ayam, dan termasuk susu," beber dr Juwalita dalam webinar daring, ditulis Sabtu (25/2/2024).

Meski susu bisa menjadi penyeimbang asupan zat besi, dirinya meminta para orangtua untuk tidak asal dalam memilih jenis susu. Nutrisi yang terdapat pada setiap susu kerap berbeda. Orangtua wajib terlebih dulu memperhatikan label informasi nutrisi pada setiap produk susu.

"Jangan hanya tergiur karena promo yang diberikan, ternyata tidak semua susu itu memiliki jumlah nutrisi yang sama. Sekarang ibu harus cermat dalam mengecek tabel komposisi gizi yang ada di kemasan susunya. Pilihlah susu yang memiliki jumlah nutrisi lebih lengkap, seperti zat Besi, vitamin C, DHA dari minyak ikan," pesan dia.

Kurangnya zat besi atau defisiensi besi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab stunting pada anak. Hal ini tentu dapat menimbulkan dampak negatif permanen, terutama pada perkembangan kognitif anak.

"Pilih susu pertumbuhan yang mengandung zat besi, dan dikombinasikan dengan vitamin C, karena kombinasi zat besi dan vitamin C dukung penyerapan zat besi hingga dua kali lipat. Untuk itu, pemenuhan asupan harian zat besi dan juga penyerapannya terjadi maksimal adalah salah satu langkah penting untuk mencegah terjadinya anemia pada anak dan mendukung tumbuh kembangnya agar berjalan optimal," kata dia.

Pemberian susu juga perlu disesuaikan dengan usia anak, demi perkembangan tumbuh kembang si kecil. Susu yang tepat biasanya memiliki komposisi nutrisi, yaitu makro dan mikronutrien yang lebih lengkap, termasuk vitamin, mineral termasuk zat besi, omega 3, dan omega 6, serta DHA.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Asal Pilih, Dokter Gizi Sarankan Ortu Cek Ini Sebelum Kasih Susu pada Anak"