Hagia Sophia

27 February 2024

Pengakuan Wanita Jakbar: Alami Vitiligo Usai Gunakan Bleaching

Viral curhat wanita di Jakbar mengidap vitiligo pasca pakai belaching. (Foto: SS Viral TikTok Renatha Devina Nathania)

Beberapa waktu lalu viral curahan hati seorang wanita di Jakarta Barat, Renatha Devina Nathania (18) mengaku mengalami vitiligo usai menggunakan bleaching. Renatha menuturkan saat ingin mewarnai rambut, ia melakukan bleaching terlebih dulu sebanyak dua kali.

Ia menceritakan saat itu cairan bleaching yang mengenai kulit dahinya tidak langsung dibersihkan. Akibatnya muncul dua titik putih di bagian dahi Renatha dan selanjutnya terus menyebar.

"Sudah pernah konsul ke dokter di awal kena vitiligo dan dokter bilang kalau ini ke-trigger karena bahan kimia dari bleach rambutnya. Dan juga bisa dari genetik. Jadi ada kemungkinan genetik, tapi dia muncul karena bleach. Bukan dari pure dari bleaching-nya," ungkapnya.

Terlepas dari kejadian tersebut, sebenarnya seberapa besar efek paparan kimia pada kondisi vitiligo seseorang? Dokter spesialis kulit dr Ruri D Pamela, SpDVE, FINSDV mengatakan bahwa vitiligo merupakan kondisi saat kulit kehilangan pigmen dan menimbulkan bercak putih pada kulit.

Secara umum penyebab dari kondisi vitiligo belum diketahui secara pasti, tetapi diduga kuat kondisi ini disebabkan oleh faktor autoimun, genetik, lingkungan, hingga stres oksidatif dari metabolisme tubuh yang berlebihan.

"Vitiligo bukan disebabkan langsung oleh paparan kimia. Namun, trauma atau iritasi pada kulit seperti luka bakar kimia terkadang bisa memicu munculnya vitiligo di tempat yang sama. Dalam fenomena medis yang disebut Koebner," ucap dr Ruri ketika dihubungi detikcom, Senin (26/2/2024).

dr Ruri menuturkan melakukan bleaching rambut tidak serta merta pasti dapat memicu iritasi hingga vitiligo. Seperti yang dialami oleh Renatha, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh genetik, sebelum akhirnya dipicu iritasi yang disebabkan paparan kimia.

"Reaksi iritasi yang membuat kulit meradang menjadi trigger untuk vitiligo pada orang-orang yang memang ada keturunan atau bakat genetik untuk menderita penyakit ini. Jadi tidak semua bisa mengalami iritasi karena bleaching ya," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Pengakuan Wanita Jakbar, Efek Bleaching Rambut Betulan Picu Vitiligo?"