Hagia Sophia

09 March 2024

Tips Konsumsi Kopi yang Efektif untuk Bantu Turunkan BB

Ternyata begini cara minum kopi yang efektif menurunkan berat badan. (Foto: Ilustrasi iStock)

Diet dan olahraga mungkin menjadi strategi untuk menurunkan berat badan. Namun, para ahli menemukan salah satu cara yang cukup mudah untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan minum kopi. Kok bisa?

Bukan rahasia lagi bahwa kafein menjadi solusi sempurna dalam perjalanan penurunan berat badan. Tetapi, perlu diketahui jumlah atau takaran harian yang tepat agar kafein bekerja dengan baik.

The Nutrition Twins, Tammy Lakatos Shames, RD, dan Lyssie Lakatos, RD, membocorkan rahasia bagaimana kopi bisa menurunkan berat badan. Mereka mengatakan butuh 200-400 mg atau setara dengan 2-5 cangkir, tergantung pada ukuran tubuh.

"Kopi mengandung kafein, yang memiliki efek termogenik dan dapat mempercepat metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori," kata The Nutrition Twins yang dikutip dari NY Post, Jumat (8/3/2024).

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu menurunkan BMI, berat badan, dan lemak tubuh. Kopi juga dapat mengendalikan nafsu makan dan mengurangi rasa lapar," sambung mereka.

The Nutrition Twins juga mengatakan bahwa minum kopi sebelum makan bisa mengurangi kalori yang dikonsumsi pada waktu makan berikutnya. Meskipun, kopi itu diminum hingga empat jam sebelumnya.

"Kopi juga mengandung asam klorogenat, yang terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat," tuturnya.

Meski begitu, harus tetap hati-hati saat mengkonsumsi kopi. Jika tidak tepat mengolah secangkir kopi yang akan diminum, mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan.

"Berhati-hatilah dengan menambahkan krim, susu murni, atau gula ke dalam kopi, Anda dapat dengan mudah mengimbangi kalori yang Anda bakar dari kopi," jelas The Nutrition Twins.

Faktanya, penelitian baru yang dipublikasikan di Clinical Nutrition menemukan bahwa minum secangkir kopi sehari dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jika ditambahkan satu sendok teh gula, hal itu akan menghilangkan manfaatnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Begini Cara Minum Kopi yang Efektif Bantu Turunkan BB"