Hagia Sophia

21 April 2024

Beberapa Tips untuk Atas Sariawan dengan Cepat dan Mudah

Ilustrasi sariawan. Foto: Getty Images/iStockphoto/PhanuwatNandee

Sariawan merupakan suatu kondisi yang umum terjadi. Meski bukan suatu hal yang berbahaya, tetapi sariawan dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di mulut.

Apalagi jika sariawan berlangsung secara terus-menerus. Selain bikin tak nyaman ketika makan, kamu akan merasa sedikit kesulitan saat berbicara dengan orang lain.

Namun jangan khawatir, sebenarnya sariawan dapat diatasi dengan mudah dan cepat. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan bisa didapat dari bumbu dapur di rumah, lho.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan sariawan dengan cepat? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan

Sebenarnya, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun, dalam beberapa kondisi sariawan bisa begitu menyakitkan dan tak kunjung hilang.

Kalau sudah begitu, sariawan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi jangan khawatir, berikut sejumlah cara menyembuhkan sariawan dengan cepat.

1. Berkumur Air Garam
Cara yang pertama adalah dengan berkumur air garam. Sebab, garam merupakan bahan alami yang dapat membantu mengurangi peradangan serta membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Cara pakainya juga mudah, yakni siapkan segelas air hangat, lalu campurkan 1 sendok teh garam, kemudian aduk sampai merata. Setelah itu, kumur air garam selama 20-30 detik dan buang airnya. Ulangi selama 2-3 kali sehari agar sariawan cepat sembuh.

2. Madu
Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya menyembuhkan sariawan. Mengutip laman Pharm Easy, madu memiliki sifat antimikroba yang membantu memperbaiki luka terbuka dengan cepat.

Untuk penggunaannya, cukup oleskan madu di bagian bibir atau lidah yang terdapat sariawan. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari agar sariawan cepat hilang.

3. Bawang Putih
Selain digunakan untuk memasak, bawang putih juga bisa dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan sariawan. Soalnya, senyawa allicin pada bawang putih mengandung sifat antimikroba yang membantu melawan berbagai infeksi, salah satunya sariawan.

4. Yoghurt
Selain menyehatkan, yoghurt ternyata juga bermanfaat untuk meredakan sariawan. Kamu bisa menggunakan yoghurt plain yang dijual di minimarket atau supermarket.

Cara pakainya juga sederhana, yakni dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari. Jadi, tak hanya meredakan sariawan saja namun juga membuat tubuh lebih sehat.

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Keduanya dapat membantu mengurangi rasa sakit sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan.

Untuk cara penggunaannya, cukup oleskan minyak kelapa di area sariawan. Lakukan sebanyak 2 kali sehari agar sariawan bisa cepat sembuh.

6. Lidah Buaya
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Sebab, lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu meredakan rasa sakit serta menghilangkan sariawan dengan cepat.

Cara pakainya juga mudah, ambil gel lidah buaya secukupnya, lalu oleskan di area yang sariawan.

7. Berkumur Cuka Apel
Selain berkumur dengan air garam, detikers juga bisa menggunakan cuka apel untuk meredakan sariawan. Sebagai informasi, cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menyembuhkan sariawan.

Cara pakainya, siapkan satu gelas air minum, kemudian tuangkan satu sendok teh cuka, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, kumur air cuka selama 30 detik dan buang.

8. Obat Kumur Antiseptik
Apabila cara-cara di atas tak kunjung meredakan sariawan, cobalah untuk membeli obat kumur antiseptik. Kamu bisa membeli obat tersebut di apotek terdekat dengan harga yang bervariasi. Ikuti anjuran pakai agar sariawan bisa hilang dengan cepat.

Penyebab Sariawan

Perlu diketahui, ada sejumlah faktor yang menyebabkan sariawan di mulut. Mengutip laman Cleveland Clinic, berikut adalah penyebabnya:
  • Adanya gesekan benda keras di bagian dalam mulut
  • Tidak sengaja tergigit atau terkena behel
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam
  • Kekurangan vitamin B12, seng, zat besi, dan asam folat
  • Terserang penyakit yang dapat melemahkan daya tahan tubuh.







 


















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat, Bisa Pakai Madu-Garam"