Hagia Sophia

23 April 2024

Penyebab Sakit di Bawah Perut Bagian Kanan Serta Cara Atasinya

Foto: Shutterstock

Sebagian dari kita mungkin pernah atau sering mengalami sakit di perut bagian kanan bawah. Seringnya, rasa nyeri atau sakitnya ini bisa hilang dengan sendirinya.

Namun, jika terus menerus terjadi hal ini tentu membuat kita mengalami ketidaknyamanan. Lebih lanjut, pelajari kemungkinan penyebab dan langkah perawatan hingga mengatasinya.

Penyebab Sakit di Bawah Perut Bagian Kanan

Perlu diketahui bahwa perut bawah merupakan bagian yang ada di bawah pusar. Sehingga, mungkin melibatkan salah satu organ yang letaknya di antara pusar dan tulang kemaluan (termasuk organ perut dan organ panggul).

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit di bawah bagian perut bagian kanan secara umum:

1. Peradangan pada Usus Buntu (Apendisitis)
Dikutip dari Cleveland Clinic, sakit perut di bagian kanan bawah mungkin berhubungan dengan usus buntu, yang bercabang ke kanan dari usus besar.

Oleh karena itu, penyebab umum nyeri perut bagian bawah adalah peradangan pada usus buntu. Usus buntu yang meradang juga bisa pecah, sehingga berisiko menyebarkan infeksi ke peritoneum (peritonitis).

2. Tumor atau Kista
Seseorang dengan kondisi yang mempengaruhi satu ovarium atau satu ginjal, juga mungkin juga mengalami sakit perut bagian bawah di satu sisi.

Dalam hal ini, tumor atau kista bisa terjadi pada satu ovarium atau satu ginjal di sisi kiri atau kanan. Umumnya, kista akan menyerang satu ginjal dalam satu waktu. Sementara, biasanya dalam satu waktu nyeri ovulasi bisa menyerang satu ovarium.

3. Infeksi Ginjal
Infeksi ginjal terjadi karena bakteri (biasanya berasal dari saluran kemih). Hal ini bisa terjadi di salah satu atau kedua ginjal.

Seseorang dengan kondisi ini mungkin merasakan sakit di perut bagian bawah, terutama bila yang terkena adalah ginjal sebelah kanan.

4. Hernia
Sebagian hernia bisa terjadi di perut. Hernia muncul saat bagian tubuh mendorong melalui lapisan atau otot yang menahannya.

Hal tersebut menjadi alasan yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah yang terkena.

5. Gangguan Pencernaan (Dyspepsia)
Biasanya dyspepsia terjadi setelah kita makan atau minum sesuatu. Rasa sakit atau nyeri yang terjadi bisa dirasakan di bagian bawah ataupun atas perut. Adapun tanda rasa nyerinya bisa terasa tajam, tumpul, atau seperti terbakar.

6. Sindrom Iritasi Usus Besar
Dikutip dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, irritable bowel syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar merupakan kondisi jangka panjang yang umum yang mempengaruhi hingga 12% orang Amerika. Kondisi ini menyebabkan sakit perut, di antara gejala pencernaan lainnya.

7. Penyakit Radang Usus
IBD tidak sama dengan IBS. Inflammatory bowel disease (IBD) atau penyakit radang usus adalah gangguan pencernaan serius yang menyebabkan perubahan pada jaringan usus.

Penyakit ini juga meningkatkan peluang terkena kanker kolorektal. Adanya sangguan ini termasuk kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Hal tersebut bisa meradang di saluran pencernaan Anda dan bisa menyebabkan sakit perut.

8. Batu Ginjal
Batu ginjal adalah kondisi di mana adanya penumpukan mineral dan garam keras yang muncul di dalam ginjal. Jika batu ginjalnya kecil, seseorang mungkin tidak merasakan sakit apa pun.

Namun, jika batu ginjal mulai berukuran besar dan bisa masuk dalam saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih maka akan ada rasa sakit yang parah di bagian perut bagian bawah, samping, selangkangan, atau punggung.

9. Gas Usus
Kondisi ini biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak terurai sempurna sampai usus besar. Hal tersebut akan membuat gas yang menumpuk, sehingga menyebabkan sakit perut, kembung, dan rasa melilit di perut.

Kentut atau bersendawa seringnya mampu memberikan kelegaan. Faktanya, seseorang biasanya buang angin sampai 30 kali sehari.

Namun, gas yang berlebihan juga terkadang menjadi tanda adanya gangguan pencernaan. Mulai perut kanan bawah sakit dari IBS,intoleransi laktosa, atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Sakit Perut Kanan Bawah pada Wanita

Kondisi perut kanan bawah sakit juga sering terjadi pada wanita. Dilansir Healthline, berikut adalah hal-hal yang bisa menyebabkan sakit perut kanan bawah pada wanita:
  • Dismenore (kram menstruasi)
  • Kista ovarium
  • Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID)
  • Endometriosis
  • Kehamilan ektopik
  • Torsi ovarium
Kondisi yang Mempengaruhi Sakit Perut Kanan Bawah pada Pria

Kondisi-kondisi berikut merupakan hal yang menyebabkan sakit perut kanan bawah pada pria:
  • Hernia inguinalis
  • Torsi testis
Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Perawatan untuk nyeri/sakit perut kanan bawah yang tidak terlalu parah bisa menggunakan pengobatan rumahan. Mulai dari istirahat dan mengkonsumsi obat yang dijual bebas.

Obat yang bisa membantu mengobati sakit di bawah perut bagian kanan di antaranya NSAID dan asetaminofen atau obat pereda nyeri seperti steroid atau opioid (tergantung kondisi).

Beberapa penyebab sakit perut seperti gas perut dan gangguan pencernaan, juga bisa sembuh dengan sendirinya.

Apabila minum obat dan istirahat tidak menghilangkan rasa sakit dan semakin parah, disarankan untuk bertemu dengan dokter.

Dokter umum akan melakukan evaluasi, untuk pemeriksaan lebih lanjut jika diperlukan ia akan merujuk ke dokter gastroenterologi (dokter ahli saluran pencernaan).




 





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyebab Perut Kanan Bawah Sakit pada Wanita dan Pria serta Cara Mengatasinya"