Hagia Sophia

13 April 2024

Tips Atasi Badan yang Terasa Kaku Karena Lama Tidak Gerak

Ilustrasi mager. (Foto: Thinkstock)

Semasa libur lebaran, biasanya tubuh mengalami masa 'off' yang cukup lama dari aktivitas fisik berupa olahraga. Jika tubuh kita tidak dibiasakan kembali dalam memulai aktivitas fisik, maka kondisi ini bisa saja menyebabkan badan menjadi kaku dan meningkatkan resiko cedera.

Untuk mengembalikan kebugaran dengan baik, dokter spesialis orthopedi dr I Gusti Made Febry Siswanto, SpOT menyarankan masyarakat untuk tidak langsung melakukan olahraga yang terlalu berat setelah libur sekian lama. Menurutnya hal ini penting karena tubuh masih memerlukan penyesuaian.

"Maka saya sarankan buat temen-temen semua starting dengan pemanasan yang ringan, kemudian kembalikan stretching. Total body stretching, dan ditambah stretching khusus pada otot atau bagian yang sering digunakan," jelasnya saat berbincang dengan tim detikcom pada Jumat (22/03/2024).

Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan stretching atau peregangan. Ini penting untuk adaptasi tubuh pada otot-otot yang selama ini tidak banyak pergerakan selama libur sehingga bisa kembali melakukan olahraga normal seperti sebelumnya.

Selain melakukan stretching, dr Febry juga menyarankan masyarakat untuk melakukan latihan kardio untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Latihan kardio baik untuk melatih pernapasan dan denyut jantung.

"Cara membakar kalori itu ada dengan dua cara, cara cepat kalo kita bilang booster, yaitu dengan melatih pernapasan dengan kardio. Ketika kita melakukan sepeda statis, atau treadmill segala macam," jelas dr Febry.

"Itu nafas kita akan makin cepat dan diiringi dengan denyut jantung yang semakin meningkat. Di situ, tubuh membutuhkan energi berupa kalori yang dibakar, di sini kalori terbakar secara cepat," tandasnya.













 












Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Mengatasi Badan Kaku usai Kelamaan 'Mager' gegara Libur Lebaran"