Hagia Sophia

04 May 2024

Ingin Turunkan BB? Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Kurus

Foto: Getty Images/iStockphoto/demaerre

Tak ada jalan pintas untuk menjadi kurus atau mencapai angka berat badan ideal. Apabila ingin menurunkan berat badan, penting juga untuk memilih strategi yang tepat dan menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan.

Selain menerapkan pola hidup sehat, beberapa kebiasaan tertentu juga membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Healthline, berikut penjelasannya.

1. Sarapan Tinggi Protein
Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian pada 20 remaja putri, sarapan berprotein tinggi mengurangi keinginan ngemil setelah makan lebih efektif dibandingkan sarapan berprotein normal.

Penelitian kecil lainnya menunjukkan bahwa sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan berkurangnya asupan harian serta rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan berprotein normal.

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin, "hormon kelaparan" yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan.

Tak hanya itu, sebuah penelitian pada 15 pria juga menemukan sarapan tinggi protein menekan sekresi ghrelin lebih efektif daripada sarapan tinggi karbohidrat.

2. Minum Banyak Air Putih
Cobalah memulai aktivitas di pagi hari dengan mengonsumsi satu atau dua gelar air putih. Sebab kebiasaan ini diyakini dapat membantu penurunan berat badan.

Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya selama 60 menit. Dalam sebuah penelitian kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan rata-rata laju metabolisme sebesar 30 persen.

Studi lain menemukan bahwa wanita kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air hingga lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan tambahan 4,4 pon (2 kg) selama satu tahun, tanpa melakukan perubahan lain dalam pola makan atau rutinitas olahraga mereka.

Terlebih lagi, minum air putih dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

Sebuah penelitian pada 24 orang lanjut usia menunjukkan bahwa minum 16,9 ons cairan (500 ml) air mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan sebesar 13 persen.

3. Pola Tidur yang Teratur
Beberapa penelitian menemukan bahwa kurang tidur mungkin berhubungan dengan peningkatan nafsu makan. Bahkan, Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan asupan kalori.

Dalam sebuah penelitian, 12 peserta mengonsumsi rata-rata 559 kalori lebih banyak setelah hanya tidur empat jam, dibandingkan saat mereka tidur delapan jam penuh.

Menetapkan jadwal tidur yang sehat adalah komponen penting dalam penurunan berat badan, selain pola makan yang baik dan olahraga. Untuk hasil yang maksimal, usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam per malam.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Kurus, Nomor 2 Sering Kali Diabaikan"