Hagia Sophia

04 May 2024

Waspadai Varises di Testis Akibat Sering Angkat Beban, Bisa Mandul

Foto ilustrasi: iStock

Ternyata varises tidak hanya bisa terjadi di bagian kaki atau paha. Kondisi ini juga dapat muncul di bagian buah zakar atau testis pada pria.

Dokter spesialis urologi dari RS Royal Progress dr Johannes Aritonang, Medsc, SpU, FICS, menjelaskan kondisi varises memang bisa terjadi pada pembuluh darah di buah zakar. Kondisi itu dikenal sebagai varikokel.

"Penyebabnya sama seperti varises pada bagian kaki. Itu permasalahannya adalah aliran balik atau refluks, dari pembuluh darah di buah zakar ke jantung yang terganggu," jelas dr Johannes dalam temu media, Kamis (2/5/2024).

"Biasanya faktor risikonya itu karena aktivitas berat. Jadi sering aktivitas fisik berat, angkat beban dan sebagainya, itu biasanya menimbulkan keluhan nyeri," sambungnya.

dr Aritonang mengungkapkan kondisi varikokel ini lebih sering dialami oleh pasien-pasien di usia produktif, terutama di kalangan remaja. Biasanya, pria muda yang mengalami kondisi ini tidak diperbolehkan untuk masuk akademi militer atau kepolisian.

Menurutnya, mekanisme varikokel ini sama seperti varises pada kaki. Namun, bahaya yang ditimbulkannya lebih ke arah gangguan fertilitas atau kesuburan.

"Memang betul varikokel itu bisa mengarah kepada infertilitas atau ketidaksuburan. Jadi itu akan berpengaruh pada hasil kualitas air mani," tuturnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Angkat Beban? Waspadai Varises di Testis yang Bikin Pria Mandul"