Hagia Sophia

15 January 2023

Pakar: Ini Penyebab Omicron XBB.1.5 Jadi Varian Corona Paling Menular

Pakar mengungkap alasan varian 'kraken' menjadi varian Corona yang paling menular. (Foto: Getty Images/loops7)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini menyoroti subvarian Omicron XBB.1.5 atau yang akrab disebut varian 'Kraken'. Pasalnya, subvarian Omicron ini diyakini menjadi varian Corona yang paling cepat menular.

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang kini diterpa menyebarnya subvarian Omicron XBB.1.5. Wakil Presiden Sains, Kedokteran, dan Kesehatan Masyarakat di American Medical Association (AMA) Andrea Garcia, JD, MPH menyebut kini terdapat sejumlah kemungkinan penyebab varian tersebut menyebar dengan amat cepat.

"Para ilmuwan melaporkan bahwa itu (subvarian Omicron XBB.1.5) tampaknya mengikat lebih erat ke sel-sel dalam tubuh manusia daripada pendahulunya," kata Garcia dikutip dari Self, Sabtu (14/1/2023).

"Ini juga tampaknya lebih tahan daripada varian sebelumnya terhadap antibodi sistem kekebalan," sambungnya.

Lebih lanjut dikutip dari Scientific American, induk subvarian Omicron XBB terkenal akan kemampuannya menghindari sistem kekebalan tubuh manusia, menggunakan mutasi di situs protein lonjakan yang dikenal sebagai 486. Mutasi ini bekerja membantu virus lolos dari deteksi oleh sistem kekebalan.

Hingga kini belum ada informasi pasti perihal mekanisme di balik peningkatan penularan XBB.1.5. Namun diketahui, mutasi F486P memungkinkan virus untuk lebih efektif menempel pada reseptor ACE 2 di dalam tubuh, yang disebut sebagai 'pintu masuk' untuk virus masuk ke dalam sel di hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

"Saya pikir, beberapa penelitian menunjukkan korelasi langsung antara pengikatan ACE 2 dan kemampuan menularkan virus yang lebih baik," kata profesor mikrobiologi dan imunologi di University of Iowa, Stanley Perlman, dikutip dari Scientific American.

"Saya yakin itu salah satu faktor, tapi itu hanya salah satu dari banyak faktor," sambungnya.

WHO Waswas 'Kraken' Jadi Varian Corona Paling Menular

Di lain sisi, pimpinan teknis COVID-19 WHO, Maria Van Kerkhove menyoroti subvarian Omicron XBB.1.5 menjadi varian Corona yang paling menular.

"Ini adalah subvarian yang paling menular yang telah terdeteksi," ungkap Maria Van Kerkhove dalam kesempatan sebelumnya.

"Alasannya adalah mutasi yang ada dalam subvarian Omicron ini yang memungkinkan virus ini menempel pada sel dan menggantinya dengan mudah," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar Ungkap Penyebab Omicron XBB.1.5 'Kraken' Jadi Varian Corona Paling Menular"