Hagia Sophia

13 February 2023

Beberapa Penyebab Maag Akut yang Bisa Membuat Pingsan

Ardhito Pramono pingsan di atas panggung. (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)

Penyanyi solo Ardhito Pramono pingsan di atas panggung ketika mengisi acara Pesta Malam Minggu di Medan, Sabtu (11/2/2023). Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Ardhito langsung dievakuasi oleh sejumlah kru setelah ambruk di panggung.

Diketahui, Ardhito pingsan karena maag akut yang diidapnya. Pelantun lagu 'Bitterlove' ini mengabarkan kondisinya yang kini sudah membaik. Hal itu ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya.

"Terima kasih teman-teman. Keadaan saya membaik pasca semalam. Maaf membuat khawatir teman-teman semua. Ternyata selama ini saya mengidap penyakit maag akut yang membuat insiden yang kurang mengenakan semalam," tulisnya di akun @ardhitopramono, Minggu (12/2).

Penyebab Maag Akut

Seiring kesibukan yang makin meningkat, risiko terkena gangguan maag makin besar akibat pola makan yang tidak teratur. Pasien biasanya mengeluh nyeri di bagian ulu hati, mual saat makan, dibarengi rasa tidak nafsu makan hingga terjadi penurunan berat badan.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, terkait gaya hidup, maag akut bisa dipicu oleh kebiasaan berupa:

1. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat.
Makan berlebihan meregangkan perut dan membuat asam lebih mungkin keluar melalui bagian atas.

2. Terlalu banyak asupan lemak
Kandungan lemak tinggi memicu lebih banyak asam dan enzim, yang dapat mengiritasi jaringan.

3. Intoleransi pada jenis makanan tertentu
Seringkali, pasien maag tidak menyadari bahwa tubuhnya kesulitan mencerna makanan tertentu. Kondisi ini kerap kali memicu penyakit maag akut.

4. Merokok dan konsumsi alkohol
Kedua zat ini mengiritasi lapisan lendir di seluruh saluran dan dapat menyebabkan peradangan.

5. Stres dan kecemasan
Saluran pencernaan terhubung erat dengan otak melalui saraf, dan masing-masing dapat memengaruhi yang lain. Karena itulah, stres dan kecemasan yang tinggi bisa memicu penyakit maag.

Lainnya, maag dipicu oleh dua penyebab utama yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan obat pereda nyeri non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

1. Bakteri H. pylori

Bakteri H. pylori umumnya menginfeksi lambung. Sekitar 50 persen populasi dunia mengalami infeksi H. pylori, seringkali tidak mengalami gejala apapun. Peneliti percaya orang dapat menularkan bakteri ini dari orang ke orang, terutama selama masa kanak-kanak.

Bakteri H. pylori menempel pada lapisan lendir di saluran pencernaan dan menyebabkan peradangan (iritasi), yang dapat menyebabkan lapisan pelindung ini rusak. Kerusakan ini menjadi masalah karena perut mengandung asam kuat untuk mencerna makanan. Tanpa lapisan lendir untuk melindunginya, asam tersebut bisa memakan jaringan lambung.

2. Minum Pereda Nyeri

Penyebab utama penyakit maag lainnya ialah penggunaan obat anti nyeri NSAID, yakni sekelompok obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. NSAID dapat mengikis lapisan lendir di saluran pencernaan.

Namun, tidak semua orang yang mengonsumsi NSAID akan mengalami maag. Penggunaan obat nyeri tersebut ditambah dengan infeksi bakteri H. pylori berpotensi paling berbahaya, karena cenderung mengalami kerusakan pada lapisan lendir.

Penyebab lain yang dapat menyebabkan penyakit maag ialah:
  • Sedang sakit parah akibat berbagai infeksi atau penyakit
  • Menjalani operasi
  • Mengonsumsi obat seperti steroid
  • Mengidap kondisi langka yang disebut sindrom zollinger-ellison (gastrinoma). Kondisi ini membentuk tumor sel penghasil asam di saluran pencernaan. Sel-sel ini menghasilkan asam dalam jumlah berlebihan yang merusak jaringan lambung.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Penyebab Maag Akut, Picu Ardhito Pramono Pingsan di Atas Panggung"