Hagia Sophia

13 February 2023

Saykoji Berhasil Pangkas BB 21 Kg dalam 4 Bulan

Perjalanan diet Igor Saykoji pangkas berat badan 21 kg dalam 4 bulan. (Foto: Instagram @saykoji)

Rapper tanah air Igor Saykoji menjalankan program diet dengan dampingan dokter gizi. Melalui diet tersebut, Saykoji sukses memangkas hingga 21 kg dan mengecilkan lingkar pinggangnya hingga 26 cm.

Perjalanan dietnya bermula sejak 5 Oktober 2022. Pria berusia 39 tahun itu kerap membagikan perkembangan perjalanan dietnya melalui akun Instagram pribadinya.

Tak sembarangan diet, pelantun 'Online' itu juga harus menjalani pola gaya hidup sehat, seperti berolahraga, memperbanyak asupan protein, dan istirahat cukup di bawah pengawasan dokter spesialis gizi.

Berkat kegigihannya, ia berhasil memangkas drastis berat badannya. Ia juga mengunggah foto dirinya ketika berat badannya masih 140 kg, dibandingkan dengan foto dirinya kini yang telah berhasil menyentuh 120 kg.

Dokter gizi yang menangani Saykoji, dr Feni Nugraha, MARS, MGz, SpGK dalam kesempatan lainnya pernah membagikan tips diet. Menurutnya, kunci utama keberhasilan diet terletak pada komitmen, disiplin, dan motivasi yang berasal dari diri sendiri.

"Yang pertama pasti harus komitmen, yang kedua disiplin, terus mungkin harus ada sesuatu yang memotivasi kita, diri sendiri supaya semangat nih dietnya," ucap dr Feni.

Dr Feny juga menjelaskan bahwa berat badan yang tergolong dalam kategori obesitas seringkali memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

"Sering banget pasien datang ke aku terutama kalau obesitas, ini biasanya ada penyakitnya. Ada fatty liver, kolesterol tinggi, terus ada asam urat, ada diabetes, ada penyakit darah tinggi. Nah, biasanya aku itu jadi kayak memotivasi pasien, yuk kita diet turun berat badan supaya makin sehat," jelasnya.

Menurutnya, tujuan diet adalah untuk menjadikan tubuh lebih sehat. Sementara mendapatkan tubuh langsing adalah bonus.

"Ketika mereka ngerti dan paham makanan apa yang boleh, mereka tuh lebih gampang buat ngejalaninnya," tuturnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Perjalanan Diet Saykoji, Sukses Pangkas BB 21 Kg dalam 4 Bulan"