Hagia Sophia

13 February 2023

Liga Inggris: Leeds United Kalah dari Manchester United 0-2

Aksi Marcus Rashford dalam laga melawan Leeds United. (Foto: AP/Jon Super)

Manchester United berhasil meraih poin penuh saat bertandang ke markas Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris. The Red Devils pulang dengan kemenangan 2-0.

Leeds vs Man United berlangsung di Elland Road, Minggu (12/2/2023) malam WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Leeds kehilangan kendali di 10 menit akhir babak kedua setelah sangat agresif menekan. MU mampu mencuri dua gol dalam kurun waktu tersebut melalui Marcus Rashford Alejandro Garnacho.

Hasil ini untuk sementara membuat MU naik ke posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 46 poin dari 23 laga. Leeds di urutan ke-17 atau satu strip dari zona degradasi dengan 19 poin dari 22 laga.

Jalannya Pertandingan

Permainan berjalan sangat terbuka di 10 menit awal. Leeds dan Man United saling bergantian menyerang, namun tak kunjung ada yang menciptakan tembakan.

Man United melepaskan tembakan pertamanya di menit ke-19. Dari dalam kotak penalti, Bruno Fernandes melepaskan tembakan yang melenceng ke sisi kanan gawang Illan Meslier.

Setengah jam laga berjalan, belum juga ada gol hadir dari kedua tim. Duel sengit dari Leeds dan Man United lebih banyak terjadi di sektor lini tengah.

Bruno Fernandes melepaskan tembakan di depan kotak penalti Leeds pada menit ke-38. Bola tembakannya sempat sedikit berbelok arah dan mampu diatasi dengan baik oleh Meslier.

David De Gea bikin penyelamatan gemilang untuk gawang MU di menit ke-43. Dia mampu menepis tembakan Crysencio Summerville dari jarak dekat dengan satu tangan.

Bruno Fernandes nyaris merobek gawang Leeds di injury time babak pertama. Bola tembakan mendatarnya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau kaki Mesiler.

Tak ada gol tercipta sampai babak pertama tuntas. Leeds vs MU untuk sementara masih 0-0.

Leeds tampil menekan di awal babak kedua. Ada beberapa tembakan dilepaskan, namun hanya percobaan Crysencio Summerville yang mengarah ke gawang.

Man United baru bisa melepaskan tembakan di paruh kedua pada menit ke-62. Diogo Dalot melepaskan percobaan dari luar kotak penalti, tapi arah bola melebar dari target.

Due menit berselang giliran Fred yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Lagi-lagi usaha itu masih melebar dari gawang Leeds.

Leeds kecolongan di menit ke-80. Marcus Rashford berhasil membawa Man United memimpin 1-0 lewat sundulan usai menyambar bola umpan silang Luke Shaw.

Manchester United memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-85. Alejandro Garnacho berhasil menerima bola dari skema serangan balik dan melepaskan tembakan dari sisi kotak penalti.

Rashford dan Wout Weghorst sempat mencetak gol lagi di injury time. Wasit menganulir karena berbau offside.

Tak ada gol tambahan sampai laga tuntas. MU sukses mengalahkan Leeds 2-0.

Susunan Pemain

Leeds: Meslier; Ayling, Koch, Wober, Firpo; Adams, McKennie; Summerville, Harrison, Gnonto; Bamford.

Man Utd: De Gea; Dalot, Maguire, Shaw, Malacia; Fred, Sabitzer; Sancho, Fernandes, Rashford; Weghorst.





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Leeds Vs Man United: Setan Merah Menang 2-0"