Hagia Sophia

13 February 2023

Liga Inggris: Manchester City Kalahkan Aston Villa 3-1

Man City menang 3-1 atas Aston Villa (Foto: AP/Dave Thompson)

Manchester City mampu mengalahkan Aston Villa 3-1. Hasil ini membuat The Citizens memangkas jarak dengan Arsenal di puncak klasemen.

Man City menjamu Aston Villa di Etihad Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (12/2/2023) dini hari WIB. Tuan rumah sudah mampu unggul 3-0 di babak pertama.

Gol lahir Man City lahir dari Rodri di menit ke-4, Ilkay Guendogan pada menit ke-9, serta penalti Riyad Mahrez sesaat sebelum turun minum. Di babak kedua, Villa sempat bisa menepiskan ketinggalan dari Ollie Watkins di menit ke-61.

Setelahnya, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 3-1 untuk Man City menutup laga.

Kemenangan ini membawa Man City memangkas jarak dengan Arsenal di puncak klasemen. Mereka barada di urutan kedua tertinggal tiga angka dari The Gunners.

Sementara, Aston Villa di urutan ke-11 dengan 29 poin.

Jalannya Pertandingan

Setan Merah sudah bisa unggul ketika laga baru berjalan empat menit.

Gol!!! Sepak pojok Riyad Mahrez bisa disambar oleh Rodri di tiang dekat. Sundulan Rodri tak kuasa dibendung Emiliano Martinez.

Man City tak mengendurkan serangan usai unggul. Mereka hampir menggandakan kedudukan di menit ke-9.

Umpan terobosan Rodri membebaskan Ilkay Gundogan. Tembakan gelandang asal Jerman ini masih melebar. Padahal, ia hanya tinggal berhadapan dengan Martinez.

Pada menit ke-13, Gundogan akhirnya bisa mencetak gol menyambut bola liar usai Martinez bertabrakan dengan Erling Haaland. Gol ini tapi dianulir karena Haaland dianggap melakukan pelanggaran

Tuan rumah terus mengurung The Villains. Jack Grealish punya peluang lewat sepakan voli.

Tembakannya berbelok arah usai membentur Calum Chambers. Gol masih belum terjadi karena bola masih melebar tipis.

Man City kembali punya peluang dari aksi Grealish di sisi kiri. Kali ini, Martinez yang bekerja keras usai terbang menepis bola Grealish.

Gol!!! Man City akhirnya bisa mencetak gol kedua di menit ke-39. Haaland mendapat bola memanfaatkan kesalahan komunikasi Chambers dengan Martinez. Ia memberi umpan tarik yang dituntaskan jadi gol oleh Gundogan.

Man City mendapat hadiah penalti di menit akhir babak pertama. Wasit menunjuk titik putih usai tusukan Grealish diganjal Jacob Ramsey.

Gol!!! Riyad Mahrez menjalankan tugasnya sebagai eksekutor dengan baik. Sepakannya mengecoh Martinez.

Skor 3-0 untuk Man City menutup babak pertama.

Selepas jeda, Man City langsung menggebrak. Martinez harus bekerja keras untuk menggagalkan peluang Julian Alvarez.

Villa yang banyak tertekan justru memperkecil ketinggalan di menit ke-61.

Gol!!! Douglas Luiz yang bisa menangkan bola di lini tengah langsung menyodorkan bola ke Ollie Watkins. Watskins dengan tenang memperdayai Ederson lewat sepakan mendatar.

Villa kemudian punya beberapa peluang untuk kembali mencetak gol. Pada menit ke-80, tembakan Coutinho masih tipis di atas gawang Man City.

Beberapa saat kemudian giliran Man City yang membuang kesempatan. Tembakan Mahrez yang terbebas di depan gawang justru melambung jauh.

Man City mengakhiri laga dengan kemenangan 3-1.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte; Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, Jack Grealish; Erling Haaland.

Aston Villa: Emiliano Martinez; Ashley Young, Calum Chambers, Ezri Konsa, Lucas Digne; Boubacar Kamara, Douglas Luiz; Leon Bailey, Jacob Ramsey, Emiliano Buendia; Ollie Watkins.





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Aston Villa: The Citizens Menang 3-1"