Hagia Sophia

04 June 2023

Beberapa Jenis Obat untuk Atasi Perut Melilit, Secara Alami dan Medis

Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion

Perut melilit biasanya terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas. Obat perut melilit ada banyak, mulai dari bahan alami, obat medis, serta mengubah kebiasaan. Selain mengulas berbagai obat perut melilit, di sini kita akan ulas juga gejala-gejala beserta penyakit yang berkaitan dengan perut melilit.

Obat Alami untuk Perut Melilit

Obat perut melilit dapat menggunakan bahan alami. Selain itu ada beberapa kebiasaan yang dapat meredakan perut melilit.

1. Air Putih
Minum air putih adalah hal mudah yang terkadang kita sepelekan. Padahal air putih banyak manfaatnya, termasuk membantu meredakan nyeri perut akibat aktivitas asam lambung.

2. Jahe
Jahe adalah herbal kaya manfaat dengan kandungan antiradang dan bisa mengatasi perut mual, kembung, gastroprotektif, hingga menjaga imunitas tubuh.

3. Air Kelapa
Air kelapa bisa meredakan perut melilit yang dipicu kram otot. Air kelapa ini memiliki kandungan magnesium dan potasium yang bisa mengurangi kejang pada otot.

4. Teh Kamomil
Teh kamomil memiliki sifat antiradang yang bisa meredakan sakit perut, perut kembung dan kram akibat menstruasi.

5. Susu
Susu murni bisa dikonsumsi untuk menetralkan asam lambung. Namun jika Anda memiliki kondisi intoleransi laktosa, jangan minum susu karena bisa membuat perut semakin semakin sakit.

6. Kayu Manis
Kayu manis bisa memberi efek menyejukkan bagi perut karena dapat mengurangi produksi gas dalam lambung.

7. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat membantu meredakan perut melilit karena kandungan antiradang dan seratnya yang tinggi. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau olahan lainnya.

8. Kunyit
Kunyit selain sebagai bumbu dapur juga bisa meredakan sakit perut. Kandungannya dapat menambah lapisan dinding lambung sehingga tidak mudah mengalami iritasi. Kunyit bisa juga dicampur dengan teh, jeruk atau jahe.

9. Madu
Madu mengandung antioksidan, antiradang dan dapat melindungi selaput lendir sehingga bisa menjadi obat sakit perut alami.

10. Kemangi
Kemangi biasa digunakan sebagai lalapan untuk berbagai menu. Ternyata daun-daun kecil ini dapat mengurangi produksi gas di perut. Kandungan kadar asam linoleat yang tinggi juga memiliki sifat antiradang.

11. Licorice
Akar licorice dapat meredakan gejala sakit pada organ pencernaan. Licorice dapat dikonsumsi dengan teh.

12. Nasi Putih
Nasi putih merupakan makanan utama orang Indonesia. Selain mengandung karbohidrat, nasi putih dapat mengatasi sakit perut karena sindrom iritasi usus besar.

13. Makanan yang Dihindari
Beberapa makanan perlu dihindari karena sulit dicerna sehingga mengganggu pencernaan, contohnya seperti makanan berlemak atau asam, produk gandum, makanan pedas, dan makanan berminyak.

14. Hindari Berbaring
Ketika perut terasa melilit, hindari berbaring karena bisa mengganggu pencernaan. Sebab saat tubuh dalam posisi horizontal, asam di perut lebih cenderung bergerak ke belakang dan ke atas, yang bisa menyebabkan mulas.

15. Hindari Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol memicu banyak masalah kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan dan kondisi gastrointestinal lainnya, seperti gastroesophageal reflux (GERD).

16. Gunakan Air Panas
Perut melilit akibat kram bisa diredakan dengan terapi panas. Gunakan handuk hangat atau botol berisi air hangat dan letakkan di area perut agar otot-otot yang kejang bisa lebih rileks. Mandi air hangat juga bisa kamu lakukan sebagai bentuk terapi.

Obat Medis untuk Perut Melilit

Dilansir dari WebMD, perut melilit dapat diobati dengan obat-obatan medis yang dapat dibeli di apotek. Akan tetapi perut melilit ada banyak sebab yang mungkin tidak kita ketahui, sehingga harus melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa obat yang mungkin diresepkan dokter.

  1. Antasida atau peredam asam dapat diberikan kepada pasien dengan sakit perut melilit akibat penyakit gastroesophageal reflux (GERD).
  2. Obat dengan kandungan simetikon bisa membantu meredakan sakit karena perut kembung.
  3. Obat-obatan dengan kandungan loperamide atau bismuth subsalicylate dapat membantu kram akibat diare.
  4. Obat pelunak feses ringan atau obat pencahar dapat mengobati sembelit.
  5. Jenis obat lainnya adalah yang mengandung acetaminophen. Akan tetapi jauhi antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen, atau naproxen karena dapat mengiritasi perut.
Gejala dan Penyakit Terkait Sakit Perut Melilit

Dilansir dari situs NHS UK, berikut ini beberapa gejala dan penyakit atau kondisi yang berkaitan dengan sakit perut melilit.
  • Jika merasa kembung, banyak kentut, mungkin kamu mengalami perut kembung.
  • Perut melilit dengan rasa kenyang disertai kembung setelah makan, atau mulas, dan mual, mungkin kamu mengalami gangguan pencernaan.
  • Jika tidak bisa buang air besar hingga perut melilit, kamu mungkin mengalami sembelit.
  • Kotoran encer disertai mual atau muntah mungkin dirasakan orang yang mengalami penyakit perut atau keracunan makanan.
  • Perut yang terasa nyeri dan kram saat menstruasi dirasakan oleh orang yang mengalami nyeri haid.
  • Jika tiba-tiba terasa nyeri di sisi kanan bawah, mungkin kamu mengalami radang usus buntu.
  • Perut terasa kram disertai kembung, diare, sembelit mungkin dirasakan oleh orang dengan sindrom iritasi usus (IBS).
  • Rasa nyeri terus-menerus hingga turun ke selangkangan disertai mual, nyeri saat buang air kecil mungkin terjadi pada orang dengan batu ginjal.
  • Jika terasa nyeri hebat selama berjam-jam di bagian tengah perut atau tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan, mungkin adalah gejala penyakit batu empedu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "21 Obat Perut Melilit Alami dan Medis, Kenali Juga Penyebab Serta Gejalanya"