Hagia Sophia

04 June 2023

Black Mamba Mewabah di Inggris, Banyak Warga Bertingkah Bagai Zombie

Ilustrasi pecandu (Foto: iStock)

Sebuah kota di Inggris, Wolverhampton, tengah dihadang permasalahan narkoba 'zombie' black mamba. Pada tahun 2016, kota ini ditampilkan dalam film dokumenter BBC yang membahas tentang epidemi narkoba. Banyak penggunanya yang bertingkah seperti zombie di kehidupan nyata setelah mengonsumsi obat tersebut, seperti berjalan sempoyongan, hingga memicu kekacauan di jalanan.

Menurut laporan The Sun, black mamba merupakan salah satu pengganti ganja sintetis yang memiliki efek seperti ganja. Obat ini telah berkontribusi sebagai penyebab 258 kasus kematian di Inggris pada tahun 2021. Adapun efek samping yang ditimbulkan, yaitu menyebabkan penggunanya berhalusinasi, kesulitan bernapas, detak jantung makin cepat, muntah, kehilangan kendali atas tubuh, hingga kegagalan organ.

Setelah tujuh tahun sejak film dokumenter berjudul 'Getting Off Mamba' dirilis, warga setempat mengatakan masalah narkoba 'zombie' ini masih berkecamuk di masyarakat. Bahkan, situasinya disebut semakin parah.

"Ini sebenarnya menjadi lebih buruk selama bertahun-tahun dan sayangnya, tidak ada yang berubah," kata seorang pekerja di jaringan kecantikan terkenal tanpa disebut identitasnya, dikutip dari Daily Express.

Ia mengatakan, pengguna narkoba di kota tersebut bertingkah 'gila' dan kerap ditemukan di luar tokonya untuk meminta uang kepada pelanggan demi membeli black mamba.

"Ini situasi yang sangat tidak menyenangkan dan terasa cukup mengkhawatirkan dan mengintimidasi," kata pekerja dan warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya.

"Saya tidak tahu apa yang dilakukan untuk menghentikannya, tapi saya tidak curiga," lanjut lagi.

Tak hanya itu, banyak toko yang jendela depannya dihancurkan oleh orang-orang yang ingin mencuri uang atau barang untuk dijual. Uang tersebut nantinya digunakan untuk membeli narkoba.

Kejadian ini tentunya berimbas pada naiknya tingkat kriminalitas di kota tersebut. Menurut data situs web Crime Rate, Wolverhampton resmi menjadi kota paling berbahaya di West Midlands. Ini memiliki tingkat kejahatan regional sekitar 30 persen lebih tinggi dari wilayah lainnya dan 54 persen lebih tinggi dari seluruh negara.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngerinya 'Wabah' Black Mamba Inggris, Pengguna Bertingkah seperti Zombie"