Hagia Sophia

04 June 2023

Kisah Khloe Kardashian Tentang Perjuangannya Melawan Kanker Kulit

Khloe Kardashian (Foto: Getty Images)

Khloe Kardashian buka-bukaan tentang perjuangannya melawan melanoma atau kanker kulit. Melalui cuplikan terbaru di serial TV "The Kardashians", Khloe mengaku merasa bersyukur betapa beruntungnya ia masih hidup setelah didiagnosis melanoma pada Oktober 2022.

Awalnya, ia mengira benjolan kecil yang muncul di area wajahnya sebagai jerawat biasa. Namun setelah tujuh bulan berlalu, benjolan kecil tersebut masih tetap ada di pipinya. Hal ini mendorong Khloe untuk menemui dokter dan menjalani biopsi sebanyak dua kali.

Dua dokter yang memeriksanya, mengungkapkan bahwa benjolan tersebut muncul bukan karena jerawat, melainkan melanoma. Keduanya menganjurkan Khloe untuk segera melakukan operasi pengangkatan benjolan melanoma di wajahnya tersebut.

"Ternyata itu bukan jerawat. Itu melanoma. Untuk usiaku, ini sangat jarang. Sangat jarang mereka harus masuk lebih banyak untuk melihat apakah itu menyebar. Pada titik ini, memang terasa sedikit menakutkan," katanya, dikutip dari Today.

Tanpa membuang banyak waktu, Khloe melakukan saran dokter untuk mengangkat benjolan di wajahnya. Dalam cuplikan yang sama juga, ia memperlihatkan bekas jahitan panjang pada pipi setelah menjalankan operasi. Selama beberapa minggu, Khloe juga harus menggunakan perban sebagai proses penyembuhan dan untuk melindungi wajahnya.

"[Dokter saya] mengatakan itu bisa menyebar kapan saja. Itu sebabnya mereka mendesak saya untuk melakukannya," katanya.

"Tapi ya, lega mengetahui bahwa semuanya hilang, itu di luar sistem saya, itu bagus. [Saya] tidak pernah berpikir sedetik pun itu adalah tumor di wajah saya, seperti tidak pernah tidak pernah," ungkapnya lagi.

Khloe juga bercerita setelah dioperasi, ternyata dokter menemukan lebih banyak dari apa yang mereka pikir harus dihilangkan.

"Aku baru tahu aku bangun dan aku memiliki perban besar di wajahku dan aku tidak bisa benar-benar menggerakkan mulutku karena ada jahitan di bagian dalam mulutku juga," ungkapnya.

"Ini jauh lebih serius daripada yang saya pahami atau yang saya perkirakan," imbuhnya lagi.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Buka-bukaan Khloe Kardashian Idap Kanker Kulit, Sempat Dikira Jerawat Biasa"