Hagia Sophia

30 June 2023

Cara Mudah Cairkan Daging Beku agar Tetap Higienis

Foto: iStock

Mencairkan daging beku tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas daging hingga cita rasa daging yang akan dimasak. Cara paling aman untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan mencairkannya di dalam lemari es, bukan di luar lemari es. Cara ini bisa mencegah perkembangan bakteri serta menjadi cara terbaik untuk mencairkan daging sapi beku.

Mengutip dari Food Safety and Inspection Service, US Department Agriculture, ada tiga cara aman untuk mencairkan daging beku, seperti dengan air dingin, di kulkas, dan di microwave. Berikut ini penjelasannya:

Mencairkan Daging dengan Air Dingin

Cara mencairkan daging yang beku secara cepat yakni dengan menggunakan air dingin. Berikut ini langkah-langkahnya:

Daging yang beku dimasukkan dimasukkan ke dalam kemasan anti bocor atau kantong plastik. Pastikan kantong yang digunakan tidak bocor, karena dapat memicu masuknya bakteri dari udara atau lingkungan sekitar.
  1. Kantong yang berisi daging beku direndam dalam air dingin.
  2. Biarkan sampai daging beku mulai mencair dan ganti air setiap 30 menit.
  3. Apabila daging sudah tidak beku lagi, artinya daging sudah bisa dimasak.
  4. Jika kamu ingin membekukan kembali daging yang ada, pastikan bahwa daging tersebut harus sudah dimasak terlebih dahulu.
Mencairkan Daging di Kulkas

Cara lain untuk mencairkan daging beku yakni mencairkannya di kulkas atau chiller. Daging beku tidak boleh diletakkan secara langsung di suhu ruang, karena dapat mempercepat tumbuhnya bakteri pada daging. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya:
  1. Daging beku yang akan dicairkan atau dimasak sebaiknya diletakkan di lemari es yang disetel pada suhu 35 °F (1,5 °C) daripada yang disetel pada suhu 40 °F (4,5 °C).
  2. Keluarkan daging dari freezer dan pindahkan ke bagian bawah freezer yakni chiller.
  3. Diamkan daging beku di lemari es hingga daging mulai mencair.
  4. Cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, namun tetap aman dalam menjaga kualitas daging selama satu sampai dua hari sebelum dimasak. Selain itu, dapat mencegah daging terkontaminasi dengan bakteri.
  5. Makanan yang dicairkan di lemari es dapat dibekukan kembali tanpa dimasak, meskipun kualitasnya mungkin menurun.
Mencairkan Daging di Microwave

Cara selanjutnya yakni mencairkan daging di microwave. Cara ini bisa dilakukan untuk daging yang akan dimasak secara langsung dan lebih cepat. Mengutip dari The Spruce Eats, berikut beberapa cara mudahnya:
  1. Keluarkan daging beku dari freezer, lalu letakkan di wadah yang tahan panas dan ditutup rapat.
  2. Periksa kantong apakah ada kebocoran dan keluarkan udara sebanyak mungkin sebelum disegel.
  3. Masukkan wadah berisi daging ke dalam microwave, kemudian tekan tombol 'defrosting' atau ikuti petunjuk microwave untuk mencairkan daging atau makanan yang beku.
  4. Perlu diingat bahwa daging yang dicairkan dengan microwave harus segera dimasak agar tidak terkontaminasi bakteri.
Memasak Tanpa Mencairkan Daging Beku

Buat kamu yang tidak punya cukup waktu untuk mencairkan daging beku. Kamu bisa mencairkan daging dengan langsung memasaknya. Meskipun harus memakan waktu sekitar 50% lebih lama dari waktu yang disarankan untuk memasak daging segar.

Misalnya, merebus daging biasanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, namun saat kamu langsung mencairkan daging beku dengan cara memasaknya, maka waktu memasak bertambah jadi satu setengah jam hanya untuk merebus daging.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencairkan Daging Beku

Mengutip dari The Spruce Eats, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencairkan daging supaya tetap higienis. Di antaranya:
  1. Jangan pernah mencairkan daging pada suhu kamar atau di tempat yang sejuk seperti di luar ruangan, garasi, atau ruang bawah tanah.
  2. Pastikan suhu freezer untuk menyimpan daging beku yakni minimal -18 derajat Celcius.
  3. Jangan gunakan air panas untuk mencairkan daging atau membiarkan daging beku pada suhu kamar selama lebih dari dua jam.
  4. Buat rencana masak yang jelas agar kamu bisa mengatur waktu secara efisien dalam mencairkan daging beku.
  5. Segera olah daging yang sudah dicairkan agar tidak terkontaminasi bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mencairkan Daging Beku dengan Mudah dan Tetap Higienis"