Hagia Sophia

30 June 2023

Waspadai Kena Kolesterol Usai Makan Daging Kurban, Ini Ciri-cirinya

Ilustrasi olahan daging kurban. (Foto: iStock/detikvisual)

Di momen Idul Adha, kadar kolesterol yang melonjak dalam tubuh kerap menghantui mereka yang habis kalap melahap daging kurban. Memang, kolesterol tinggi tidak boleh disepelekan karena bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Maka dari itu, penting untuk masyarakat memahami ciri-ciri kena kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan zat lilin yang berasal dari asupan makanan sehari-hari. Zat ini diolah tubuh untuk membantu meningkatkan sistem imun, memperlancar pencernaan, membentuk hormon, serta menciptakan vitamin D alami.

Meski terdengar bermanfaat, jumlah kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang berlebih dalam tubuh dapat memicu penyakit mengancam jiwa, seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Ciri-ciri Kena Kolesterol

Kolesterol tinggi terkadang tak menimbulkan gejala. Namun, penumpukan plak di beberapa bagian tubuh tertentu akibat kolesterol, bisa menimbulkan keluhan kesehatan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, berikut adalah ciri-ciri kena kolesterol:

1. Mudah mengantuk
Kolesterol tinggi dalam darah membuat darah tidak optimal mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, otak memberikan respons dengan menguap. Waspadai tanda kolesterol tinggi apabila terlalu sering menguap secara tidak wajar.

2. Kesemutan
Kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada saraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Adapun kondisi aliran darah tidak lancar bisa disebabkan oleh kolesterol.

3. Pegal pada Tengkuk atau Pundak
Tengkuk atau pundak karena kekurangan suplai oksigen dan darah akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

4. Nyeri di Kaki
Nyeri pada kaki bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi akibat tersumbatnya aliran di arteri, sehingga aliran darah ke kaki pun menjadi terhambat.

5. Xanthelasma
Xanthelasma merupakan endapan kolesterol yang berada di bawah jaringan kulit. Jika ini terjadi, biasanya tampak noda kuning muda di ujung kelopak mata atau muncul benjolan kecil padat di lipatan tubuh seperti tumit, siku, atau lutut.

6. Perlemakan Hati
Ketika hati dipenuhi lemak berkadar tinggi, timbul keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, bahkan mual. Keadaan seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit sirosis, bahkan kanker hati.

7. Gejala Stroke
Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak akibat kurangnya asupan oksigen dan darah. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang mengalami sejumlah gejala seperti melemahnya salah satu sisi tubuh, muntah menyemprot, atau sakit kepala yang hebat.

8. Kram
Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh, seperti tumit, telapak kaki, dan lainnya. Kondisi ini dapat terjadi pada malam hari saat terbangun dari tidur. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.

9. Nyeri dada
Nyeri dada bisa menjadi tanda dari komplikasi kolesterol tinggi. Kondisi ini diakibatkan adanya plak di dinding arteri, sehingga jantung tidak mendapatkan suplai darah yang memadai.

10. Disfungsi ereksi
Tanda kolesterol tinggi yang terakhir adalah disfungsi ereksi. Kondisi ini terjadi akibat aliran darah yang menuju ke penis terhambat oleh plak tersebut.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kerap Muncul Setelah Kalap Melahap Daging Kurban, Ini Ciri-ciri Kena Kolesterol"