Hagia Sophia

30 June 2023

Bunga Termahal di Dunia, Ada yang Rp 50 M Lebih

Salah satu bunga termahal di dunia, purple saffron atau saffron crocus. Foto: iStock

Bunga adalah tanaman yang menjadi ikonik kecantikan dari keindahannya. Banyak orang yang memilih bunga sebagai hiasan, hadiah di hari-hari indah, dan masih banyak lagi.

Detikers tahu tidak? Sekarang, bunga bisa menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan loh. Meski mahal, namun bunga-bunga ini akan dibeli oleh mereka yang hobi dan suka mengoleksi bunga.

Kalau tidak percaya, simak ulasan tentang bunga termahal di dunia berikut ini. Siap-siap ya, bahkan ada yang mencapai miliaran rupiah.

5 Bunga Termahal di Dunia

Berikut adalah 5 daftar bunga termahal di dunia dikutip dari situs FlowerAura

1. Bunga Kadupul-Tak Ternilai

bunga kadupul Foto: CJay1995/wikimedia commons

Bunga termahal di dunia di peringkat pertama adalah kadupul. Bunga kadupul ini memiliki keunikan, yaitu hanya mekar di malam hari dan hanya beberapa jam saja. Ketika fajar, bunga ini akan layu kembali.

Bisa ditemukan di hutan hujan tropis Sri Lanka dan tidak bisa dipetik tanpa merusaknya. Inilah yang membuat bunga kadupul menjadi bunga termahal yang bahkan tidak ternilai harganya. Bunga kadupul ini juga dijuluki dengan Queen of The Night.

2. Bunga Juliet Rose-Rp 57 Miliar

bunga juliet rose Foto: Salicyna/wikimedia commons

Bunga ini dibandrol senilai 3 juta poundsterling atau sekitar Rp 57 miliar. Dibudidayakan oleh seorang petani bunga asal Eropa, yaitu David Austin.

Ia membutuhkan waktu 15 tahun dan mengeluarkan biaya ratusan miliar untuk menumbuhkan bunga Juliet Rose. Inilah yang menyebabkan Juliet Rose menjadi jenis bunga mawar termahal di dunia.

3. Shezen Nongke Orchid-Rp 3,7 Miliar
Nama Shezen Nongke Orchid ini diambil dari nama para penemu jenis bunga anggrek satu ini. Butuh waktu penelitian selama 8 tahun untuk mengamati dan menumbuhkan bunga cantik ini.

Shezen Nongke Orchid akhir terjual senilai 1,68 juta Yuan atau sekitar Rp 3,7 miliar. Ia masuk ke dalam daftar bunga termahal di dunia.

4. Gold of Kinabalu Orchid-Rp 87 Juta

gold of kinabalu Foto: Naoki Takebayashi/wikimedia commons

Bunga Gold of Kinabalu Orchid ini disebut juga dengan bunga Anggrek Emas Kinabalu dan merupakan jenis anggrek yang hampir punah. Pertama kali ditemukan di Taman Nasional Kinabalu Malaysia tahun 1987.

Cukup sulit untuk dibudidayakan, satu pot Gold of Kinabalu Orchid ini dijual sekitar Rp 87 juta.

5. Saffron Crocus-Rp 28 Juta

saffron crocus Foto: Zeynel Cebeci/wikimedia commons

Bunga termahal di dunia urutan kelima adalah Saffron Crocus yang dijual seharga 1.200 - 1.500 Pound atau sekitar Rp 21,9 - 28 juta. Saffron Crocus masuk daftar bunga termahal di dunia karena banyaknya manfaat yang bisa dipergunakan oleh manusia. Bunga ini bahkan menjadi bumbu masakan di negara Timur Tengah, seperti India, Persia, Arab, dan Turki.
























Artikel ini telah tayang di wolipop.detik.com dengan judul "5 Bunga Termahal di Dunia, Harga Tembus Rp 50 Miliar Lebih"