Hagia Sophia

15 July 2023

Ingin Tetap Terlihat Muda? Ini Menu Wajib Sarapan yang Harus Dikonsumsi

Deretan menu sarapan yang wajib dikonsumsi biar tetap awet muda. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/primipil)

Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat dan terlihat awet muda. Tak jarang yang rela merogoh kocek yang jumlahnya sangat besar untuk melakukan perawatan agar terlihat muda.

Namun, penuaan tidak bisa dihindari. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa banyak vitamin, mineral, dan zat lain dalam makanan yang bisa sedikit membantu memperlambat proses penuaan itu.

"Penuaan adalah proses alami dan tidak perlu malu," kata ahli diet Colleen Christensen, RD, dikutip dari Eat This, Jumat (14/7/2023).

"Namun, ada makanan tertentu yang bisa membantu kita merawat kulit yang kita miliki dengan kemampuan terbaik kita," sambungnya.

Ada beberapa alasan biologis yang menjelaskan mengapa penampilan kulit dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Tubuh menghasilkan kolagen 1 persen lebih sedikit setiap tahun setelah berusia 20 tahun. Selain itu, kolagen memainkan peran penting dalam menjaga kulit agar tidak kendur.

Pada usia 40-an, kulit tidak memproduksi kolagen lagi, dan karena kehilangan elastisitasnya, kerutan dan garis halus mulai terbentuk lebih cepat. Sementara itu, paparan sinar UV dan radikal bebas di lingkungan dapat menyebabkan kerusakan kulit yang lebih parah lagi.

Untuk mengatasinya, menurut American Academy of Dermatology dengan mengkonsumsi makanan seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar bisa membantu menangkal penuaan dini. Berikut beberapa menu sarapan yang bisa dikonsumsi untuk menangkal penuaan dini:

Smoothie buah

Ahli diet dan nutrisi Shena Jaramillo, MS, RD, mengatakan smoothie buah mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal kerusakan kulit akibat radikal bebas.

"Smoothies juga merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi yang akan memiliki manfaat untuk meningkatkan kulit," kata Jaramillo.

"Tambahkan biji rami, alpukat, atau selai kacang ke dalam smoothie untuk tambahan asam lemak omega dan Vitamin E untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan," sambungnya.

Alpukat

Jaramillo menyarankan alpukat sebagai salah satu menu sarapan. Ia mengatakan buah berwarna hijau ini adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang fenomenal, yang menurut penelitian dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini.

"Asam lemak omega 3 yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu memperbaiki kekeringan kulit. Menjaga kulit tetap terhidrasi adalah kunci agar tetap sehat seiring bertambahnya usia," tutur Christensen.

Telur

Para ahli setuju bahwa telur adalah pilihan sarapan yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Christensen mengatakan telur mengandung protein dan vitamin D.

"Vitamin D dapat melindungi kulit dari kerusakan UVB. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk memproduksi vitamin D menurun, jadi mengkonsumsinya melalui makanan itu penting," katanya.

"Protein juga penting dan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah protein terbukti memiliki tampilan kerutan yang lebih menonjol," lanjut dia.

Untuk penyajiannya, Jaramillo menyarankan untuk membuat telur dadar dengan sayuran seperti bayam, kangkung, atau paprika. Ini bertujuan untuk mendapatkan dosis vitamin C guna membantu mencerahkan tampilan kulit.

"Pilihan ini juga mengandung Vitamin E dan K yang akan membantu melancarkan aliran darah, dapat mengurangi munculnya bintik hitam pada kulit, dan melembabkan kulit," tambahnya.

Tahu

Jika seorang vegan, bisa juga mencoba mengganti telur dengan tahu. Tahu mengandung protein, yang merupakan salah satu bahan penyusun sel kulit, serta isoflavon kedelai, yang telah ditemukan secara signifikan mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

"Tahu adalah sumber seng yang baik, yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan membantu perbaikan sel," jelas Jaramillo.

"Ini bisa bermanfaat bagi kulit selain setiap sel dalam tubuh. Tambahkan sayuran dan beberapa alpukat ke dalam campuran untuk mendapatkan sumber antioksidan dan fitonutrien yang bagus untuk melindungi kulit," sambung dia.

Tomat

"Saat kulit terpapar cahaya, likopen kulit bisa hancur. Makanan seperti tomat mengandung lycopene, yang dapat mengurangi kerusakan. Coba tambahkan saus salsa di atas telur atau tambahkan di atas irisan roti bakar alpukat," ujar Christensen.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lycopene, fitokimia yang membuat sayuran ini berwarna merah, memiliki efek anti-inflamasi dan menurunkan sensitivitas kulit Anda terhadap radiasi UV.

Tomat juga kaya akan vitamin B, yang memiliki sifat anti-penuaan dan dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan sekaligus berkontribusi pada perbaikan sel.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung karotenoid, antioksidan kuat yang berasal dari vitamin A yang memiliki kualitas fotoprotektif. Itu bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan.

Makanan ini juga mengandung vitamin C, yang berperan utama dalam regenerasi kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita berusia di atas 40 tahun yang memiliki asupan vitamin ini lebih rendah lebih cenderung memiliki kerutan.

"Sebuah korelasi telah diamati antara asupan vitamin C yang rendah dan memiliki kulit kering, yang dapat menyebabkan peningkatan kerutan," jelas Christensen.

"Kekurangan vitamin C juga dapat mempengaruhi sintesis kolagen, yang penting untuk elastisitas kulit," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Menu Sarapan yang Wajib Dikonsumsi Biar Tetap Awet Muda"