Hagia Sophia

20 July 2023

Untuk Jalani Gaya Hidup Slow Living Harus Kaya? Ini Kata Psikolog

Lulu Tobing menjalani gaya hidup slow living. (Foto: Instagram: @lutob)

Artis Lulu Tobing buka-bukaan soal gaya hidup slow living yang tengah dijalaninya. Menurutnya, gaya hidup slow living membuatnya jauh lebih tenang karena tak memiliki ambisi dan enggan berkompetisi dalam hidup.

Slow living merupakan sebuah gaya hidup dengan dasar pemikiran menjalani hidup dengan lebih bermakna. Konsep ini membuat pelakunya menekankan kehidupan yang cenderung lebih santai, sederhana, namun tetap fokus dengan apa yang dilakukan dengan mengedepankan kualitas dibanding kuantitas.

Berkaitan dengan gaya hidup tersebut, psikolog klinis Veronica Adesla menjelaskan ada beberapa beberapa ciri pelaku slow living yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memiliki kesadaran tinggi terhadap segala sesuatu hal yang dilakukan saat ini.

"Selain kesadaran soal apa yang akan dilakukan, secara umum orang yang melakukan gaya hidup slow living sikapnya tenang, tidak terburu-buru atau tergesa-gesa," ucap Veronica pada detikcom, Selasa (18/7/2023).

"Mereka juga Memiliki pengendalian diri yang baik dalam menentukan mana yang lebih bermakna dan menjadi prioritas. Menjalani hidup sederhana dan bermakna untuknya, feeling content," sambungnya.

Gaya hidup slow living yang cenderung santai kerap dikaitkan dengan sikap suka bermalas-malasan. Orang yang memiliki gaya hidup ini sebenarnya justru memiliki ketekunan dalam melakukan suatu hal.

Veronica mengatakan bahwa seseorang bisa tetap terus produktif walaupun melakukan gaya hidup slow living. Menurutnya yang terpenting seseorang tidak melupakan kewajibannya dan menentukan kembali skala prioritas serta nilai-nilai bermakna dalam hidup.

"Cara agar tetap produktif saat menjalani slow living juga bisa dilakukan dengan melakukan refleksi atas kebiasaan waktu yang dihabiskan untuk melakukan segala sesuatu selama ini, apakah sudah mindful? Apakah terlalu terburu-buru? Apakah autopilot sehingga terkadang tidak sadar akan apa yang sedang dilakukan?" ucapnya.

"Setelah itu benahi atau tata kembali kebiasaan baru dan pola hidup yang ingin dilakukan dalam menerapkan gaya hidup slow living," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tak Perlu Nunggu Tajir! Begini Cara Hidup Slow Living Ala Lulu Tobing"