Hagia Sophia

20 July 2023

Ini Kata Ahli Pemakaman Tentang Implan Payudara pada Wanita yang Meninggal

Ilustrasi implan payudara. (Foto: AP Photo)

Seorang ahli pemakaman asal Arkansas, Amerika Serikat buka-bukaan soal nasib implan payudara pada seseorang yang sudah meninggal. Gerald Ledford melalui unggahannya di media sosial buka-bukaan soal pekerjaannya sebagai ahli pemakaman.

Ia mengungkapkan bahwa ia tidak melepas implan payudara silikon pada seseorang yang sudah meninggal dunia, walaupun implan tersebut tidak akan ikut membusuk bersama bagian tubuh lainnya.

Ledford menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya yang penasaran terkait nasib implan payudara pada seseorang yang meninggal.

"Jadi implan yang ada di jenazah tersebut tidak akan dikeluarkan. Implan tersebut milik jenazah tersebut. Mereka membelinya dan akan membawanya ke dalam kuburan," ucap Ledford dikutip dari NY Post, Rabu (19/7/2023).

Ledford juga menjelaskan bahwa proses pembalseman pada mayat dapat memperlambat proses pembusukan.

"Jika Anda dibalsem, cairan pembalseman tersebut akan mengawetkan jaringan dan memperlambat proses pembusukan. Namun apabila Anda tidak dibalsem, tubuh Anda akan membusuk dengan sangat cepat. Namun implan akan tetap ada di sana tidak membusuk," ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menjawab berbagai rumor terkait rambut dan kuku jenazah dapat terus tumbuh setelah kematian. Namun ia mengungkapkan bahwa hal tersebut juga merupakan efek pembalseman.

"Cairan pembalseman membuat jenazah dehidrasi sehingga kulitnya akan menyusut. Hal ini membuat rambut dan kuku jenazah seakan-akan tumbuh," jelasnya.

"Tapi implan payudara jenazah akan tetap terus sama dan kulit di sekitarnya akan menyusut dan akhirnya membusuk," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ternyata Begini Nasib Implan Payudara pada Orang yang Meninggal, Ikut Dikubur?"