Hagia Sophia

24 August 2023

Antara Milo Malaysia dan Indonesia, Mana yang Lebih Enak?

Foto: TikTok @dongudel

Milo adalah minuman populer di Malaysia dan Indonesia. Namun, Milo di dua negara ini punya rasa berbeda. Seorang TikToker pun membandingkan rasa keduanya. Mana yang lebih enak?

Bagi masyarakat Malaysia dan Indonesia, Milo sudah menjadi minuman sehari-hari. Minuman dengan rasa cokelat dan malt ini sebenarnya berasal dari Australia. Namun, minuman ini lebih populer di dua negara Asia Tenggara itu.

Meskipun berasal dari merek yang sama, tetapi Milo di kedua negara ini dikenal punya rasa berbeda. Milo di Malaysia dianggap punya rasa lebih enak dibandingkan Milo di Indonesia.

Seorang TikToker Indonesia ini pun membuktikan perbedaan rasa Milo Malaysia dan Indonesia. Dalam unggahan video di akun TikTok @dongudel, pria ini membuat eksperimen untuk mengetahui perbedaan dan persamaan antara keduanya.

Pria itu menyiapkan sachet Milo yang ia beli di Indonesia sachet Milo yang ia dapat dari kerabat di Malaysia. Dongudel kemudian menuangkan masing-masing sachet Milo seberat 22 gram ke gelas berwarna bening.

Rupanya benar, dari segi warna bubuknya saja sudah berbeda. Milo Malaysia punya warna lebih gelap dibandingkan Milo Indonesia.

Dari segi warna bubuknya, kedua milo ini sudah punya warna berbeda. Foto: TikTok @dongudel

Setelah menyeduh kedua Milo, ia mulai menyeruputnya. Menurut deskripsinya, Milo Indonesia punya tekstur lebih creamy dan manis, dengan rasa cokelat yang tidak begitu kuat. Sedangkan, Milo Malaysia punya rasa cokelat lebih pekat dan lebih segar. Ia pun merasa Milo Malaysia masih tetap enak meskipun ditambah dengan es.

Pria ini menganggap milo Indonesia punya rasa lebih manis. Foto: TikTok @dongudel

Secara keseluruhan, pria ini jauh lebih menyukai Milo dari Malaysia daripada Milo Indonesia.

Unggahan videonya yang hampir ditonton 1 juta orang ini pun mendapat reaksi beragam dari netizen. Netizen dari Indonesia, Malaysia, bahkan Singapura turut meramaikan kolom komentarnya.

TikToker ini pun tampak lebih menyukai Milo Malaysia dibandingkan Milo Indonesia. Foto: TikTok @dongudel

Banyak netizen setuju Milo Malaysia memang jauh lebih enak dibandingkan Milo Indonesia. Beberapa netizen juga menyarankan agar pria Indonesia itu mencoba Milo langsung di Malaysia. Ia bisa mencobanya dari food truck Milo di Malaysia yang terkenal diantara masyarakat lokal.

Perbedaan rasa Milo ini sebenarnya tergantung dari produksi masing-masing negara. Setiap negara memiliki kebutuhan gizi dan selera tersendiri. Sehingga, kandungan bahan yang dipakai untuk membuat Milo pun akan berbeda.

Sebagai informasi tambahan, Milo asal Indonesia ternyata mengandung ekstra malt lebih banyak. Malt adalah sereal dengan rasa manis khas. Itulah alasan mengapa Milo Indonesia juga punya rasa manis lebih kuat, lapor blibli.com.

Selain Milo Malaysia, beberapa netizen mengungkap Milo asal Australia juga tak kalah enak. Namun, belum ada yang membandingkan kenikmatan Milo Malaysia, Indonesia, dan Australia.

Seorang netizen berkomentar, "Milo Australia lebih enak bosku."

"Milo Australia pun beda," ucap netizen lain.



























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Milo Malaysia dan Indonesia Sama-sama Populer, Mana Lebih Enak?"